Lama Disekap, TKW Asal Jember Akhirnya Pulang

sumber photo:suarajatimpost
Busani (50) Warga Dusun Sambileren, Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Jember akhirnya pulang ke kampung halamannya setelah lama dikabarkan disekab selama 6 tahun. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Ia adalah salah seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di Malaysia.

Busani menuturkan jika dirinya ikut majikannya di kawasan Penang, Malaysia yang berasal India.

"Awalnya sekitar 3 bulan gaji lancar namun setelah itu saya tidak menerima gaji dengan alasan, uangnya dikumpulkan jika hendak pulang mau dikasihkan," jelasnya.

Alih-alih uangnya dikumpulkan, ketika dirinya meminta gajinya yang katanya mau dikumpulkan itu malah dirinya tidak dikasi apa-apa bahkan dirinya tidak diperbolehkan untuk berinteraksi dengan orang lain dengan dalih dirinya tidak punya permit, (surat resmi).

Bulan berganti tahun ahirnya dirinya curhat sama teman dari balik pagar dan di unggahlah foto Busani dengan keluh kesah yang membuat semua penghuni sosmed merinding dan iba atas apa yang dialami sosok pahlawan devisa tersebut.

Ahirnya pihak KBRI melacak keberadaan wanita tersebut. Setelah ditemukan lalu Busani dibawa oleh KBRI.

KBRI memanggil majikan untuk dimintai keterangan atas apa yang menimpa Busani.

Dari situlah gaji dan hak Busani dibayarkan oleh pihak majikan yaitu sekitar 22 Ribu Ringgit Malaysia, dan jika dirupiahkan sekitar 70-80 Juta rupiah. Akhirnya Busani dipulangkan ke Indonesia.

"Syukurlah ibu saya sudah pulang, dan bisa bertemu kami semua," ujar Sanemah anak pertama Busani dari 3 bersaudara itu.

Sementara, Kepala Desa Purwoasri menuturkan pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang ingin jadi TKW atau TKI khusunya Purwoasri agar peka oleh iming-iming gaji besar dan lekas di berangkatkan.

"Karena agensi yang memberangkatkan Busani tidak jelas," jelasnya.

"Busani masih beruntung atas kejadian ini karena kesigapan warga dan pihak KBRI yang menerima hal tersebut langsung ditindak lanjuti hingga yang bersangkutan bisa dipulangkan hingga selamat sampai di Indonesia," pungkasnya.

Sumber :suarajatimpost

No comments

Powered by Blogger.