Mengapa Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi?


Jika Anda mendapati gusi berdarah saat menggigit atau meludah setelah menggosok gigi, mungkin saja ada sesuatu yang salah dengan kesehatan mulut Anda. Gusi yang sehat tak akan berdarah.



Namun, kemungkinan gejala ini kerap diabaikan dan diremehkan. Inilah alasan mengapa gusi berdarah saat Anda menggosok gigi, seperti yang dilansir dari laman, Step To Health, Senin (7/8/2017).

1. Radang gusi
Gingivitis adalah salah satu alasan utama dan paling umum mengapa gusi Anda berdarah. Kondisi ini menggambarkan pelemahan dan pembengkakan gusi yang terjadi akibat penumpukan plak. Obat yang paling efektif untuk masalah ini adalah memperbaiki kebersihan mulut.

2. Nutrisi Buruk
Kurangnya nutrisi yang diperlukan dalam tubuh serta tidak adanya vitamin penting seperti vitamin A, B dan C dapat menyebabkan gusi Anda melemah dan mengakibatkan gusi berdarah. Penting bagi Anda untuk memastikan diet seimbang dan sehat. Jika menurut Anda diet yang dilakukan tidak sehat, maka sudah saatnya memperbanyak makan buah dan sayuran.

3. Stres
Meskipun Anda mungkin tidak percaya hal ini, namun nyatanya stres dapat menyebabkan gusi dan jaringan oral Anda melemah yang menyebabkannya berdarah karena penurunan pertahanan Anda. Idealnya, Anda harus mencari alternatif untuk menghilangkan stres Anda hingga tenang.

4. Infeksi mulut
Ingat bahwa air liur merupakan sumber transfer bakteri. Hati-hati dengan siapa Anda berciuman untuk menghindari masalah bakteri yang menyebabkan kondisi peradangan dan gusi. 

Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.