Nyatanya, Kandungan Susu Kental Manis Tak Baik Diminum Tiap Hari Untuk Anak

ilustrasi
Susu kental manis (SKM) memang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Rasanya yang manis memang membuat banyak anak-anak ketagihan untuk selalu minum SKM.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Namun apakah SKM memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti susu sapi segar, low fat atau skim? Ahli gizi, Winda Ekayanti, MND, APD, pun menjelaskan kandungan SKM tidak sama dengan susu sapi segar. Sayangnya, SKM mengandung creamer nabati serta gula yang tinggi.

"Kebanyakan masyarakat menganggap minum SKM sama saja dengan minum susu segar, skim, atau low fat. Padahal harus dilihat komposisinya, sebab 50 persen kandungan gula ada di SKM," ujar Winda saat dihubungi tim Vemale.com.

Menurut Winda, SKM tidak cocok dikonsumsi oleh anak-anak secara terus menerus, karena kandungan gula yang akan membuat anak mengalami obesitas dan tidak mendapat nutrisi dengan lengkap.

"Susu kental manis itu bukan susu, jadi tidak baik dikonsumsi untuk harian. Sebaiknya konsumsilah susu sapi segar, skim, atau low fat untuk memenuhi nutrisi anak, begitu juga dengan orang dewasa," tambahnya.

Selain gula, kandungan SKM yang tidak baik bagi tubuh ialah pengawet serta lemak jenuh yang jahat bagi tubuh. Salah satu dampak bila rutin meminum kental manis adalah obesitas yang berpengaruh buruk pada diabetes, stroke bahkan jantung.

Susu kental manis, seperti yang disarankan Winda, hanya baik untuk topping makanan saja, bukan untuk diminum setiap hari.

Sumber: vemale

No comments

Powered by Blogger.