Olahraga Mata Sederhana Ini Dapat Atasi Sakit Kepala


Ilustrasi

     Tahukah Anda, sakit kepala sering dikaitkan dengan mata? Terkadang kita bahkan tidak menyadarinya. Namun, kelelahan visual akibat penggunaan komputer atau fokus intens pada sesuatu untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan banyak konsekuensi, seperti sakit kepala.



Sakit kepala dapat mengganggu konsentrasi sehingga pekerjaan yang sedang dikerjakan tidak selesai tepat pada waktunya. Untuk mengatasinya tidak selalu memerlukan obat. Anda bisa mencoba melakukan olahraga sederhana ini, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Senin, (21/8/17).

1. Berolahraga dengan telapak tangan

Duduklah dan tutup kedua mata. Bernapaslah dalam selama satu menit. Gosokkan kedua telapak tangan Anda sampai hangat, lalu letakkan perlahan di atas kelopak mata dan ulangi proses ini hingga tiga kali.

2. Berkedip

Ketika berada di depan komputer, mata lupa berkedip sesering yang dibutuhkan. Otak diatur terlalu banyak dan memberi prioritas untuk menghidrasi mata. Jika tidak terhidrasi dengan baik, mata akan merah dan menimbulkan sakit kepala.

Duduklah dengan mata terbuka dan berkedip 10 kali dengan cepat, lalu tutup mata Anda selama 20 detik, kemudian ambil nafas dalam. Ulangi latihan ini lima kali.

3. Gerakan kiri ke kanan

Duduklah dan panjangkan satu lengan, kepal tanganmu sambil mengangkat telunjuk, menunjuk ke atas. Fokus pada titik jari kita selama 10 detik, perlahan gerakkan lengan Anda ke kiri, dan ikuti gerakan itu dengan mata.

Selanjutnya, gerakkan lengan ke kanan. Ulangi gerakan ini 5 kali di setiap arah. Setelah menyelesaikan latihan ini, tutup mata Anda selama 3 menit.

4. Berfokus pada titik hidung

Latihan ini hanya dilakukan satu kali, jika mengulanginya terus-terusan kita berisiko pingsan. Duduklah pada posisi yang nyaman dan aman, letakkan ibu jari Anda di ujung hidungAnda. Fokus pada jari itu sampai kedua mata memandang pada titik yang  sama.

Sekarang gerakkan jari dari hidung ke depan.  Rilekskan pandangan dan tutup kelopak mata selama 20 detik.

5. Istirahatkan mata dengan pemandangan

Kita menghabiskan sebagian besar hari kita menatap layar komputer dan gawai. Hal inilah yang menyebabkan kita kelelahan visual.

Luangkan waktu 10 menit per hari untuk latihan yang mudah dan santai ini. Berdirilah di depan jendela yang terbuka dan biarkan pandangan Anda mengikuti cakrawala sampai ke titik terjauhnya.

Lakukan ini selama 2 menit. Sekarang, fokuskan pada titik hidung Anda dan kemudian kembalikan pandangan Anda ke cakrawala yang jauh. Berkedip cepat beberapa kali dan rileks. 



Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.