Ragam Manfaat yang Terkandung dalam Teh Serai


Manfaat yang tersimpan dalam secangkir teh rasanya sudah bukan rahasia lagi. Tak heran jika banyak orang yang memastikan dirinya selalu minum teh setiap hari. Begitu juga dengan serai.



Tumbuhan wangi yang biasa digunakan untuk bumbu masak dan racikan minuman ini juga tak kalah sehat. Apa jadinya jika teh dan serai digabungkan jadi satu?Meminum teh yang telah digabungkan dengan serai tak hanya menciptakan cita rasa baru. Aroma wangi dan menyegarkan yang akan menguar dari minuman ini juga menyimpan beragam manfaat. Melansir Food NDTV, Minggu (13/8/2017), berikut beberapa manfaat dari teh serai:

1. Berguna bagi kulit dan rambut

Serai merupakan sumber besar vitamin A dan vitamin C yang merupakan nutrisi penting bagi kulit dan rambut. Karena melancarkan sirkulasi darah, meminum teh serai bisa membersihkan kulit, mengurangi minyak di wajah dan kulit kepala, serta bekerja untuk mengobati jerawat.

2. Meredakan nyeri haid

Minuman ini dianggap sangat baik untuk kesehatan wanita. Efek dari teh serai yang menenangkan dapat membantu mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Teh serai diketahui menurunkan kadar gula darah.

Namun perlu diingat, minuman ini tidak disarankan dan sebaiknya dihindari oleh wanita hamil dan menyusui.

3. Menyembuhkan pilek dan batuk

Serai memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa membantu mengatasi pilek dan batuk. Serai juga mengandung vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh.

Rebus beberapa serai segar beserta beberapa cengkih, sejumput daun kunyit, dan teh. Ramuan sederhana ini efektif untuk menghilangkan lendir dan pembekuan dahak.

4. Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Teh serai adalah pilihan tepat untuk program penurunan berat badan, karena membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Laporan yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 menunjukkan, polifenol yang ditemukan pada senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

5. Baik untuk pencernaan

Serai memiliki energi pendinginan yang membantu menenangkan perut dan menjaga fungsi pencernaan tetap terjaga. Teh serai memiliki komponen yang disebut citral yang membantu mencerna makanan. Oleh karena itu, sebagian besar disajikan setelah makan malam.

Teh serai telah digunakan sebagai obat untuk semua masalah perut dalam pengobatan Tiongkok, seperti kembung, konstipasi, atau gangguan pencernaan.

6. Mengatur tekanan darah tinggi

Serai adalah formula alami untuk mengatur tekanan darah tinggi. Serai kaya akan potasium yang meningkatkan produksi urine di tubuh. Selain itu, juga dapat merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Serai juga diketahui membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

7. Penuh antioksidan

Teh serai merupakan teh detoks. Minuman ini dikemas dengan antioksidan yang membantu dalam detoksifikasi dan pembersihan dari dalam. Efeknya akan membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan mengurangi retensi cairan.

Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.