Stres Pun Bisa Berikan 4 Manfaat Sehat Ini, Apa Saja?

ilustrasi

Kamu sering kali mendengar bahwa stres adalah hal yang buruk dan bisa merusak kesehatan tubuh secara diam-diam. Meski demikian, ternyata stres juga memiliki sisi positif, lho.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, ini dia efek positif stres untuk tubuhmu.

Meningkatkan kecerdasan secara sementara
Tahukah kamu bahwa stres jangka pendek bisa meningkatkan kecerdasan, meski hanya dalam waktu yang singkat? Hal ini didasarkan pada penelitian tahun 2013 yang menyimpulkan bahwa stres jangka pendek akan membuat ingatan meningkat.

Meningkatkan perkembangan anak-anak
Penelitian di tahun 2005 dari John Hopkins University menemukan bahwa sejumlah tekanan atau stres yang dialami oleh wanita hamil bisa memberikan manfaat tinggi pada perkembangan motorik pada anak yang kelak dilahirkan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Stres akut memang menjadi musuh nomer satu dari sistem kekebalan tubuh sebab bisa menekan pertahanan alami tubuh. Namun stres jangka pendek memberikan manfaat yang berbeda. Penelitian dari Stanford School of Medicine menemukan bahwa hormon yang keluar dari stres jangka pendek akan meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Melindungi dari stres oksidatif
Sebuah penelitian di tahun 2013 menyimpulkan bahwa stres jangka pendek bisa melindungi tubuhmu dari stres oksidatif dan meningkatkan ketahanan psikobiologis tubuh manusia.

Well, jika masih berada dalam level rendah, stres ternyata memiliki dampak positif untuk tubuh. Oleh karena itu kelola stres yang kamu rasakan sedini mungkin agar tidak menjadi stres akut dan merusak kesehatan tubuh. 

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.