Suka Ngidam Makanan Tertentu Tanda Tubuh Lagi Tak Sehat


Ngidam atau ingin mengonsumsi makanan tertentu adalah hal yang umum dialami masing-masing individu. Begitu pula denganmu. Ada kalanya kamu ingin mengonsumsi makanan manis, asin, atau sesuatu yang digoreng. 



Tak hanya karena lapar atau alasan psikologis semata, ngidam suatu jenis makanan ternyata juga memiliki alasan medis di baliknya. Sebagai contohnya jika kamu ingin sekali makan cokelat atau makanan manis lainnya, maka sebenarnya kamu sedang menderita migrain dan otak butuh zat gula untuk menenangkannya.

Selain contoh tersebut, berikut adalah penjelasannya lainnya tentang arti di balik ngidam makanan tertentu.

1. Diabetes - minuman manis

Siapa yang tidak doyan konsumsi minuman manis nan menyegarkan? Apalagi jika udara sedang panas terik.

Well, saat cuaca sedang biasa saja dan hasratmu untuk minum minuman manis tak bisa ditahan, bisa jadi penyakit diabetes sedang menyerangmu. Sebabnya saat gula darah naik maka tubuh akan mencoba untuk menyiram kelebihan glukosa dengan cara minum minuman manis. Selain itu, akibat lainnya adalah kamu jadi sering kencing.

2. Kekurangan zat besi - es batu

Meski terdengar tidak umum, namun ada beberapa orang yang ngidam untuk mengonsumsi es batu. Dan keinginan ini jadi tanda bahwa kamu sedang menderita kekurangan zat besi atau anemia.

3. Dehidrasi - keripik kentang

Nafsumu untuk makan keripik kentang tak bisa ditahan? Bisa jadi kamu sedang mengalami dehidrasi. Sebabnya dehidrasi membuat cairan dan elektrolit jadi tak seimbang yang kemudian membuatmu memiliki respon visceral untuk konsumsi makanan tertentu, termasuk ngidam keripik kentang yang berasa gurih.

4. Kurang tidur - junk food

Tahukah kamu bahwa kurang tidur bisa merangsang keinginan untuk makan junk food? Sebabnya saat kamu mengantuk, kamu butuh makanan dengan rasa yang 'kuat' untuk membuat mata jadi melek. Dan makanan sehat sama sekali tak bisa memberikan fungsi tersebut.

5. Kurang gizi - konsumsi makanan yang sama

Pernah memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan yang sama berulang-ulang? Ini menunjukkan bahwa kamu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup di dalam tubuh. Oleh karena itu selalu penuhi piring makananmu dengan makanan yang padat nutrisinya.

Maka, itulah beberapa jawaban dari keinginanmu untuk ngidam makanan tertentu. Pernahkah kamu mengalami salah satu di antaranya?

Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.