Tak Cuma Urine, Isi Baterai Ponsel Kelak Bisa Pakai Air Laut


Ilustrasi


       Sebuah studi mengungkap baterai ponsel berbodi besar kelak digantikan baterai dengan ukuran yang lebih ramping dan fleksibel.



Studi yang dipublikasikan jurnal berjudul Chem itu menjelaskan bahwa baterai fleksibel ini juga akan ditenagai oleh air laut.

Karena fleksibel, baterai akan mengusung bentuk yang mirip kertas. Ilmuwan pengembang baterai itu bahkan mengklaim baterai bisa dilipat-lipat, tanpa merusak performanya.

"Ia pasti lebih aman karena berbeda dengan baterai ponsel konvensional sekarang yang ditenagai oleh kandungan kimia beracun. Baterai ini akan memanfaatkan air laut yang mana mengandung cairan rehidrasi dari teknologi IV (Intravenous Therapy)," tulis keterangan studi sebagaimana dikutip The Verge, Selasa (16/8/2017).

Sejauh ini, ilmuwan asal Tiongkok tersebut baru saja mengembangkan dua sampel baterai ponsel terbaru ini: yang satu berbentuk ikat pinggang, sedangkan yang satunya lagi mengusung desain nanotube.

Mereka pun menjajal senyawa yang dianggap setara dengan kemampuan air laut, seperti sodium sulfate dan saline (kandungan yang mirip dengan garam).


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.