TKI Asal Ponorogo Dikabarkan Meninggal di Malaysia Akibat Kecelakaan, Begini Kata BNP2TKI

ilustrasi

Tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Ponorogo, Fuad Santoso, dilaporkan meninggal dunia di Malaysia, Selasa (29/8/2017). Warga Desa Bedikulon, Kecamatan Bungkal, Ponorogo itu diduga mengalami kecelakaan kerja.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ponorogo, Bedianto saat dihubungi, membenarkan kabar meninggalnya warga Ponorogo bernama Fuad Santoso di Malaysia.

Namun dia tidak dapat memastikan apakah selama ini Fuad tinggal di Malaysia sebagai TKI atau bukan. Sebab, informasi yang dia dapat dari keluarga di Ponorogo, Fuad sudah bekerja di Malaysia selama 25 tahun.

"Dia memang warga Ponorogo, tapi sudah jadi orang Malaysia karena memiliki KTP Malaysia. Fuad sudah bekerja selama 25 tahun di Malaysia," ujar Bedianto, Rabu (30/8/2017).

Bedianto menuturkan, meski sudah berkeluarga dan memiliki KTP Malaysia, keluarga meminta jenazah Fuad dipulangkan dan dimakamkan di kampung halamannya.

Seluruh proses pemulangan jenazah, ditanggung oleh pihak keluarga. Jenazah diperkirakan tiba di Ponorogo, Kamis (31/8/2017) dinihari.

Mengenai penyebab kematian Fuad, Bedianto mengaku belum mengetahui secara pasti. Ia hanya mendapatkan informasi, ada warga Ponorogo yang meninggal di Malaysia.

Begitu juga dengan status Fuad sebagai TKI, Bedianto menjelaskan, Fuad tidak pernah melapor di KBRI di Malaysia dan BNP2TKI. Bedianto tidak mengetahui status ketenagakerjaan Fuad apakah legal atau ilegal saat berangkat kerja ke Malaysia.

"Data TKI di kantor kami juga tidak ada namanya," jelas Bedianto.

Sumber:tribunnews

No comments

Powered by Blogger.