5 cara menurunkan kolesterol secara alami jika mempunyai kadar kolesterol tinggi

Ilustrasi


      Kini kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, nyatanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh Anda, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Contoh makanan berlemak adalah; gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.



Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas, namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga.

Ketika Anda terlanjur mempunyai kadar kolesterol tinggi maka sebaiknya Anda mulai menjaga dan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Mulai ubah pola hidup Anda dan terapkan pola hidup sehat. Berikut 6 cara menurunkan kolesterol alami yang bisa Anda manfaatkan agar tidak melulu mengkonsumsi obat.

1. Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Anda cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

2. Minum jus anggur

Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Olahraga

Olahraga diperlukan bukan untuk menurunkan berat badan saja. Telah dibuktikan bahwa dengan berolahraga maka kadar kolesterol baik pada tubuh akan meningkat. Tidak harus olahraga yang membebani tubuh. Cukup olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang. Lakukanlah secara rutin agar kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda bertambah dan membunuh kolesterol jahat.

4. Mengkonsumsi oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang sanggup menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Mulai jadikan sarapan oatmeal sebagai kebiasaan agar kadar kolesterol Anda menurun drastis.

Ingat, Anda harus melakukan ke 10 cara di atas secara rutin. Jika tidak, tentu hasil tidak akan maksimal atau justru kadar kolesterol jahat makin bertambah. Semoga bermanfaat.

5. Minum jus jambu merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh Anda. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu mulailah meminum jus jambu merah secara rutin.


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.