5 Tips Atasi Tenggorokan Kering


Umumnya tenggorokan kering disebabkan kondisi medis, ringan dan tidak serius, tetapi bisa juga terjadi akibat faktor lingkungan, dehidrasi, bernapas lewat mulut, dan lainnya.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Untuk mengatasinya, bisa menggunakan beberapa perawatan serta memperbaiki kondisi yang dapat mengeringkan selaput lendir.  Mengutip Wikihow, berikut cara mengatasi tenggorokan kering:

1. Gunakan uap
Seperti halnya penggunaan pelembap udara (humidifier), lingkungan beruap akan membawa kelembaban pada selaput lendir yang kering. Manfaatkan fakta ini untuk berlama-lama mandi air hangat beruap dari waktu ke waktu.

2. Berkumurlah dengan air garam hangat
Garam membunuh kuman di mulut dan tenggorokan dan membantu meringankan sensasi kering dan iritasi. Berkumur air garam dua kali sehari akan membantu meringankan tenggorokan kering.

3. Lapisi tenggorokan dengan madu
Metode satu ini terasa lebih enak daripada air garam atau cuka apel. Selain melapisi tenggorokan dengan teksturnya yang kental, madu juga memiliki kandungan antiseptik. Tak heran lebah menyukainya.

4.Isap permen
Mengisap permen pelega tenggorokan atau permen apa pun yang berbentuk keras, juga permen karet, membantu merangsang produksi saliva yang akan meringankan tenggorokan kering. Pilihlah jenis permen bebas gula, yang tidak menambah masalah pada gigi.

5. Teh panas
Kebanyakan orang merasa minuman hangat memberi efek menyejukkan. Jadi, teh rendah kafeina, mungkin ditambah madu dan lemon, merupakan pilihan bagus untuk meringankan tenggorokan kering.

Teh herbal biasa seperti kamomil dapat menyediakan rasa sejuk, tetapi sebagian orang yakin dengan manfaat teh yang dibuat dari bahan-bahan seperti min, jahe, cengkih, akar manis, akar marshmallow, dan slippery elm.

Sumber:sindonews.

No comments

Powered by Blogger.