Bahaya Kesehatan Penggunaan Tisu Toilet

ilustrasi
Tisu toilet merupakan alternatif yang biasa digunakan untuk membersihkan bagian organ intim ketika hendak buang air besar maupun buang air kecil. Pasalnya, tisu memang selalu disediakan di toilet. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Tapi penggunaan, tisu toilet ternyata memiliki dampak kesehatan yang tidak baik. Penggunaan tisu toilet membuat anda memiliki resiko tinggi menderita infeksi.

Tak heran, kertas tisu toilet bisa mendatangkan penyakit karena bisa menyebarkan infeksi terutama di daerah organ intim. Dan menyebabkan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Mengutip Thehealthsite, menggunakan tisu  atau tisu basah dapat menyebabkan gatal pada organ intim ada seperti daerah vagina, Mr P dan anus. Dalam beberapa kasus, bahkan bisa menyebabkan kemerahan dan alergi pada bagian-bagian area intim.

Sebab adanya bahan pengawet atau parfum yang digunakan dalam produk. Oleh karena itu, Dr Aparna Santhanam, Dermatologist and Cosmetologist di Mumbai merekomendasikan agar orang menghindari menggunakan tisu toilet yang memiliki aroma tinggi. Dikarenakan memicu dampak yang tidak terlalu baik untuk kesehatan.

Adanya aroma pada tisu dikarenakan kandungan kimia yang ada dalam produk ini dapat mengubah keseimbangan pH di daerah vagina. Dan setiap perubahan pH vagina dapat memicu pertumbuhan bakteri dan ragi di wilayah tersebut, yang menyebabkan infeksi jamur vagina.

Penggunaan tisu toilet untuk membersihkan vagina (atau vulva) setelah pipis atau buang air besar, bisa menyebabkan iritasi vulva. Bisa jadi karena alergi terhadap formaldehid kimiawi, yang ada di kebanyakan tisu toilet, yang menyebabkan iritasi.

Tidak hanya itu, penggunaan tisu toilet juga bisa menyebabkan kanker. Untuk itu lebih baik menggunakan air untuk membersihkan daerah bagian yang sensitif.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.