Biar Tak Mudah Sakit, Rajinlah Konsumsi Apel

ilustrasi
Buah apel merupakan buah yang disukai secara global. Segar jika dikonsumsi langsung atau di jus, apel juga bisa dibuat cake, kue-kue, bahkan disandingkan dengan makanan berat.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Dalam sebuah apel berukuran sedang, terkandung 95 gram kalori, 25 gram karbohidrat, 0,5 gram protein, 4 gram serat, dan 0,4 gram lemak.

Anda juga akan mendapatkan asupan vitamin C sampai 14 persen dari yang direkomendasikan jika mengonsumsi satu buah apel. Vitamin C berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk manfaat tambahan, makanlah apel bersama kulitnya. Selain kandungan seratnya, sebuah penelitian menunjukkan dalam kulit apel terkandung zat anti-kegemukan, yakni asam ursolic.

Meski begitu, apel wajib dicuci bersih sebelum dikonsumsi untuk mengurangi paparan residu pestisida yang mungkin tertinggal di kulitnya.

Berikut adalah beberapa jenis apel impor yang biasa kita temukan di toko buah.

Royal Gala: Salah satu apel paling populer di negara itu, dibawa dari Selandia Baru ke AS pada tahun 1970. Apel ini merupakan buah favorit Ratu Elizabeth II. Apel jenis gala adalah apel yang garing dan sangat manis, sehingga cocok dijadikan camilan.

Honeycrisp: Sama seperti royal gala, apel honeycrisp juga memiliki rasa manis dan sedikit garing. Buah ini bagus enak untuk dimakan langsung, sebagai salad, dan saus.

MacIntosh: Apel jenis ini sangat baik untuk dijadikan bahan dasar membuat saus apel dan kue pai. Saat memotongnya, untuk tetap menjaga agar teksturnya tetap keras, sebaiknya mengirisnya tidak terlalu tipis.

Granny Smith: Apel berwarna hijau dengan rasa masam ini diyakini berasal dari crabapple Prancis. Di negara asalnya, apel jenis itu memasuki musim panen pada pada awal Agustus, dan hasil panennya kebanyakan dibuat untuk kue pai.

Pink Lady: Apel jenis ini sangat kuat bertahan lama, bahkan setelah beberapa minggu di tempat penyimpanan. Pink lady adalah pilihan bagus untuk dijadikan bahan adonan memanggang, karena warna pink-nya akan tetap terjaga.

Cortland: Varietas manis dan asam ini berasal dari negara bagian di New York. Apel jenis ini adalah jawaban sempurna untuk memasak, dari potongan kue hingga toppers salad.

Red Delicious:
Apel all-American memiliki ciri seperti empat benjolan mirip punggung unta di bagian bawahnya. Kulitnya yang memiliki bintik-bintik hitam seperti anggur menawarkan rasa yang agak pahit, namun tetap ada rasa manis dan lembutnya.

Golden Delicious: Apel jenis ini berwarna kuning pucat. Sesuai dengan warnanya, apel jenis ini ketika dimakan memiliki tekstur yang halus seperti mentega. Apel jenis ini sangat cocok dikonsumsi menjadi makanan pencuci mulut.

Fuji: Sesuai dengan namanya, apel jenis ini berasal dari Gunung Fuji, Jepang yang mulai populer sejak tahun 1930. Apel jenis ini menawarkan rasa keasaman rendah dan aromatik yang khas

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.