FPI Buka Pendaftaran Kirim Relawan Bantu Rohingya

Rohingya

    Berbagai aksi solidaritas dilakukan untuk membantu mengatasi krisis yang terhadap etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Front Pembela Islam (FPI) di daerah sudah membuka pendaftaran untuk mengirim relawan ke Myanmar.



Hal tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara FPI Slamet Maarif. Ia mengatakan, FPI di daerah yang berinisiatif membuka posko pendaftaran.

"Teman-teman di daerah ternyata buka inisiatif membuka posko pendaftaran. Di Aceh sudah, Palembang sudah, Pasuruan sudah. Sekarang mereka terima pendaftaran, nanti dari pusat ditindaklanjuti teknis keberangkatan," ujar Slamet kepada detikcom, Senin (4/9/2017).


Nantinya, DPP FPI akan menerima rekapitulasi jumlah relawan yang mendaftar. DPP FPI akan menginformasikan teknis keberangkatan pada hari Rabu (6/9). 

"Sekarang yang di daerah sedang buka pendaftaran. Nanti pas Rabu Insyaallah sudah ada kepastian," kata Slamet.

Terkait krisis Rohingya, Presiden Jokowi sudah mengutus Menlu Retno LP Marsudi untuk menemui pimpinan Myanmar Aung San Suu Kyi. Selain ke Myanmar, Jokowi menginstruksikan Retno berdiplomasi ke Bangladesh.

Sejauh ini dilaporkan sekitar 58.600 warga Rohingya melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh, demi menghindari konflik yang kembali pecah di Rakhine, sejak pekan lalu. Konflik itu dipicu bentrokan militer Myanmar dengan militan lokal yang bernama Pasukan Penyelamat Arakan Rohingya (ARSA). 


Sumber : Detik

No comments

Powered by Blogger.