Menstruasi Terjadi 2 Kali Dalam Sebulan, Apa Sebabnya?

ilustrasi
Normalnya menstruasi terjadi sekali dalam sebulan dengan rentang waktu 28-35 hari. Namun ada kalanya menstruasi terjadi hingga 2 kali dalam sebulan.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Lantas apa yang jadi sebabnya? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

Perubahan berat badan

Fluktuasi berat badan bisa membuat menstruasi terjadi 2 kali dalam sebulan. Bagi beberapa wanita, siklus yang terjadi bisa lebih lama atau bahkan lebih pendek.

Masalah tiroid
Fungsi tiroid yang tidak maksimal juga bisa terkait dengan perdarahan di vagina yang terjadi saat menstruasi. Sebabnya dua hormon utama yang mengendalikan menstruasi yaitu progesteron dan estrogen diproduksi oleh kelenjar tiroid. Sehingga saat tiroid terganggu, maka siklus menstruasi juga akan bermasalah.

Perubahan penggunaan kontrasepsi
Perubahan penggunaan alat kontrasepsi mampu membuat menstruasi terjadi 2 kali. Apalagi jika kamu pengguna pil KB.

Kista
Kista yang kamu alami bisa menyebabkan pendarahan hebat saat menstruasi. Selain itu kista juga bisa membuat menstruasi seringkali terjadi.

Stres
Tingkat stres sangat berpengaruh pada penyimpangan siklus menstruasi. Stres tak jarang akan membuat menstruasi jarang terjadi atau malah terjadi 2 kali dalam sebulan.

Penyakit menular seksual
Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore dapat menyebabkan peradangan rahim dan berpengaruh pada siklus menstruasi. 

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.