Minum Kopi Membantu Penderita Diabetes Lebih Panjang Umur, Really?


Kopi merupakan salah satu jenis minuman paling populer di dunia. Kopi juga menjadi minuman dengan segudang manfaat buat kesehatan. Ya, meski terkadang minum kopi yang mengandung kafein berlebihan berisiko buruk buat kesehatan.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Aroma kopi yang harum, rasanya yang mantap ketika dicampur bersama sedikit gula, madu atau susu, menjadikan siapapun seakan tak bisa menolak nikmatnya seduhan kopi.

Dikutip dari laman boldsky.com, study baru yang dilakukan ilmuwan dan dipublikasikan di Annals of Internal Medicine Journal menyebutkan bahwa kopi tak hanya enak tetapi juga bisa bikin panjang umur. Minum kopi dikaitkan dengan pertahanan tubuh terhadap berbagai risiko penyakit mematikan salah satunya diabetes.

Studi yang dilakukan terhadap sedikitnya 520.000 orang di Eropa ditemukan bahwa kopi erat kaitannya dengan usia. Studi ini menemukan bahwa responden yang minum kopi lebih banyak dengan cara tepat memiliki sisa usia lebih panjang. Sementara itu, studi yang dilakukan terhadap sedikitnya 185.000 orang di negara-negara di Afrika-Amerika, ditemukan bahwa orang-orang yang minum kopi hingga 4 cangkir dalam sehari memiliki risiko kematian 18 persen lebih rendah dibanding orang-orang yang tidak terbiasa minum kopi.

Responden yang didiagnosa diabetes sebelumnya bahkan ditemukan bisa hidup lebih tenang, kuat bertahan hidup dan panjang umur. Penderita diabetes yang minum kopi rutin setiap hari dinyatakan 51 persen lebih rendah berisiko meninggal jika dibandingkan dengan penderita diabetes yang menghindari kopi.

Meski kopi bisa memperpanjang usia, kopi harus dikonsumsi dengan benar oleh penderita diabetes atau siapapun. Kopi bagi penderita diabetes sebaiknya diseduh murni tanpa campuran baik itu gula, susu, makanan olahan, alkohol dan makanan yang digoreng.

Penting juga bahwa aktivitas minum kopi diiringi dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga rutin, istirahat cukup dan minum air putih cukup. Pikiran tak boleh terlalu stres apalagi depresi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.