Oleskan 5 vitamin ini pada wajah untuk dapatkan kulit sehat dan cantik


Ilustrasi

     Vitamin merupakan nutrisi penting bagi tubuh, rambut, dan kulit. Karena itu setiap hari kita harus memenuhi kebutuhan vitamin lewat makanan yang bergizi.



Walaupun begitu, vitamin tak hanya memberikan manfaat jika dikonsumsi. Beberapa jenis vitamin bisa memberikan efek langsung pada kulit jika diaplikasikan secara topikal atau dioleskan. Berikut ini beberapa jenis vitamin yang bisa dijadikan perawatan topikal untuk kulit wajah, dilansir dari situs Prevention.

Vitamin A

Bisa ditemukan di: Krim malam dan serum yang mengandung retinoid

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang bisa membantu kulit senantiasa muda. Menurut ahli dermatologi New York, Doris Day, MD., vitamin ini bisa memperlambat munculnya beberapa gejala penuaan seperti kerutan, flek, dan kulit kusam.]

Kenapa harus krim malam? Karena paparan sinar matahari akan melemahkan kinerja vitamin A. Jadi usapkan pelembap retinoid di malam hari untuk mendapatkan manfaat maksimum.

Vitamin B3

Bisa ditemukan di: Pelempab dan serum wajah yang mengandung niacinamide

Niacinamide atau vitamin B merupakan pelindung yang kuat, bisa menjaga kemampuan kulit dalam menyimpan kelembapan dan mencegah terjadinya iritasi. Vitamin ini juga menghalangi penyaluran pigmen penggelap ke sel kulit, sehingga bisa meminimalisir terjadinya flek.

Menurut ahli dermatologi Miami, Leslie S. Baumann, MD., produk yang mengandung niacinamide paling baik dioleskan pada pagi dan siang hari.

Vitamin C

Bisa ditemukan di: Serum atau ampule dengan kandungan askorbat

Produk dengan bahan aktif yang menggunakan nama ascorbate, ascorbyl, atau ascorbic bisa dipastikan mengandung vitamin C.

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat. Tak hanya melawan tanda-tanda penuaan, bahan aktif ini juga bisa memperbaiki kondisi kulit dan melindunginya dari paparan sinar matahari.

Gunakan serum atau ampule yang mengandung vitamin C sebelum mengoleskan tabir surya agar kulit mendapatkan perlindungan ekstra dari sinar ultra violet.

Vitamin E

Bisa ditemukan di: Kapsul vitamin E

Kapsul vitamin E bisa menjadi pelembap yang sangat baik bagi kulit. Cukup iris atau gunting satu kapsul vitamin E dan gunakan minyak di dalamnya sebagai pelembap di pagi maupun malam hari.

Vitamin K

Bisa ditemukan di: Krim mata yang mengandung phytonadione dan retinol

Krim yang mengandung vitamin K dan retinol terbukti ampuh untuk memudarkan tampilan kantong mata.

Pilih satu atau dua vitamin di atas yang paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu saat ini. Penggunaan terlalu banyak vitamin dalam bentuk bahan aktif seperti ini bisa jadi malah menimbulkan efek alergi. Jadi gunakan sesuai keperluan saja agar bisa mendapatkan hasil maksimal.


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.