Penelitian: Ini 5 cara cinta bisa bikin kamu mendadak konyol


Ilustrasi


        Cinta bisa membuatmu melakukan hal-hal bodoh. Agaknya hal ini memang benar. Pasalnya, cinta memang membuat sejumlah hormon yang bisa mengaburkan akal sehat jadi aktif. Pendapat ini pun sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian.



Tak cuma bikin lupa makan. Menurut penelitian, cinta bisa membuatmu melakukan banyak hal konyol. Berikut ini 5 di antaranya yang dirangkum oleh situs Lifehacker.

1. Pria cenderung jadi bodoh saat merasa diperhatikan wanita

Sejumlah penelitian menemukan bukti bahwa pria cenderung melakukan pekerjaan dengan buruk jika mereka merasa sedang diawasi lawan jenis. Biasanya penelitian dilakukan dengan meminta para pria mengerjakan serangkaian tes kognitif. Sebelumnya mereka diberitahu kalau aktivitas tersebut akan disaksikan oleh seorang pengamat wanita.

Sementara itu, hasil yang sama tidak ditemukan pada objek penelitian yang terdiri dari para wanita. Mereka bisa tetap mengerjakan tugas dengan baik meskipun diberi tahu ada pengamat pria yang akan mengawasi.

Bisa jadi inilah alasan pria lebih mudah grogi saat berada di dekat wanita. Entah itu karena kondisi biologis yang tidak terpenuhi atau tekanan sosial yang mengharuskan pria untuk membuat wanita terkesan.

2. Cinta membuat kita merasa memiliki banyak kesamaan dengan pasangan

Jatuh cinta membuat pria dan wanita cenderung berpikir kalau mereka memiliki banyak kesamaan dengan orang yang disukai. Kenyataannya tidak selalu sesuai dengan persepsi. Namun memang beginilah cara otak manusia bekerja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim riset dari University of Iowa menemukan bukti bahwa orang memiliki kecenderungan untuk berpikir mereka memiliki lebih banyak kesamaan dengan orang yang disukai. Padahal fakta justru menunjukkan sebaliknya. Penelitian yang sama juga membuktikan kalau manusia cenderung menilai orang yang disukai lebih tinggi daripada saat mereka sudah tak lagi dikuasai perasaan tergila-gila.

3. Kita cenderung menirukan kebiasaan-kebiasaan kecil orang yang disukai

Cinta bisa membuat kita menjadi orang yang benar-benar berbeda, membuat kita perlahan-lahan berubah menjadi orang yang dicintai. Ini karena kita terdorong untuk mengadopsi kebiasaan-kebiasaan yang mereka miliki.

Beberapa penelitian yang dipublikasikan di Journal of Experimental Social Psychology menemukan bukti bahwa ketika berpacaran dengan seseorang yang baru, manusia cenderung menirukan kebiasaan-kebiasaan kecil pasangannya. Dan itu termasuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang mudah ditularkan.

4. Takut kesepian membuat manusia merendahkan standar pasangan ideal

Setiap orang memiliki standar masing-masing dalam mencari pasangan paling ideal. Tetapi seiring berjalannya waktu, seringkali kita mendapatkan pasangan yang jauh dari standar ideal kita. Rupanya, sedikit demi sedikit kita menurunkan standar hanya demi segera mendapatkan pasangan.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh tim riset dari University of Toronto. Hasil temuan mereka menunjukkan semakin besar rasa takut akan kesendirian yang dirasakan, semakin besar kecenderungan mereka untuk menurunkan standar pria atau wanita yang layak untuk dijadikan pasangan.

5. Bertahan dengan pasangan yang buruk karena takut kehilangan

Cinta dan kebiasaan memiliki seringkali mengaburkan akal sehat. Hal inilah yang membuat begitu banyak pria dan wanita memilih bertahan dengan pasangan yang membuat mereka sengsara. Sebabnya adalah rasa takut kehilangan yang lantas mengalahkan rasa tidak bahagia itu sendiri. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Teori yang sama bahkan bisa diterapkan pada berbagai aspek lain dalam kehidupan manusia.

Itulah beberapa kekonyolan yang bisa dilakukan manusia karena cinta. Apakah kamu juga melakukan salah satu 'dosa' di atas?


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.