Puluhan TKI Ilegal Asal Kabupaten Blitar Dideportasi

ilustrasi
Puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Kabupaten Blitar dideportasi dari negeri mereka bekerja. Berdasarkan data di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), ada 56 TKI ilegal yang dipulangkan paksa.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


“Data tersebut merupakan data sepanjang tahun 2016 lalu. Rata-rata TKI yang dideportasi adalah TKI yang bekerja di Malaysia melalui jalur illegal,” kata Kepala Seksi (Kasi) Penempatan Tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Djarun, Senin (4/9/2017).

Menurut Djarun, jumlah tersebut menurun drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun 2015 ada sebanyak 147 TKI illegal yang dideportasi.  Hal ini tak lepas dari upaya disnakertrans  menekan jumlah TKI yang dideportasi, salah satunya dengan memperketat pendataan bagi calon TKI, agar tidak sampai berangkat dengan cara ilegal.

“Sekarang, setiap calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri harus mengantongi surat rekomendasi dari dinas, sebelum mengurus persyaratan lainnya. Dengan begitu kami bisa langsung mendata dan memasukkannya ke sistem online. Jika tidak ada rekomendasi dari kami otomatis ngurus apapun tidak bisa, bahkan mencari rekom dari desa juga dipastikan tidak akan bisa," paparnya.

Djarun menandaskan, untuk tahun 2017 hingga bulan Agustus, belum ada laporan satupun mengenai TKI asal Kabupaten Blitar yang dideportasi dari Negara tempatnya bekerja.

Sumber:jatimtimes

No comments

Powered by Blogger.