Punya Jantung di Luar Tubuh, Gadis Ini Jalani Operasi

sumber photo:liputan6
Seorang bocah perempuan Rusia yang memiliki jantung di luar tubuh, saat ini dibawa ke Amerika Serikat untuk mendapat perawatan.



Bocah berusia delapan tahun itu, Virsaviya Borun, menderita thoraco-abdominal syndrome atau dikenal dengan Pentalogy of Cantrell. Kondisi yang diderita oleh lima juta orang di dunia itu, membuat jantung penderitanya berlokasi di luar dada.

Dengan kondisi tersebut, jantung Borun hanya terlindung lapisan kulit yang tipis. Sebagian tulang dada serta otot diafragma dan perutnya turut hilang.

Kondisi Borun mulai diketahui publik pada 2015, ketika ibunya membuka penggalangan dana untuk membiayai pengobatannya. Hingga Agustus 2016, uang yang sudah terkumpul mencapai lebih dari US$ 71.000.

Dikutip dari The Straits Times, Rabu (20/9/2017), ibunya telah mendampingi Borun yang sedang menjalani rangkaian operasi di Florida. Namun, ia mengatakan, tekanan darah anaknya terlalu tinggi.

Borun, yang senang menari dan menggambar itu, kisahnya pernah diangkat dalam serial BBC berjudul Incredible Medicine: Dr Weston's Casebook pada Februari tahun ini.

"Ini adalah jantungku. Aku satu-satunya orang yang memiliki ini," ujar Borun. "Ketika aku memakai baju, aku menaruh kain lembut di atasnya agar aku tak merasa sakit."

"Aku berjalan-jalan, meloncat, terbang, berlari, aku seharusnya tak berlari, tapi aku senang berlari," imbuh dia.

Ibunya mengungkap bahwa para dokter memperingatkan untuk tak berharap lebih saat Borun lahir. Namun, gadis kecil itu berhasil melewati seluruh prediksi itu.

Sumber:liputan6



No comments

Powered by Blogger.