Taiwan Mengecam Tes Nuklir Korea Utara

sumber photo:focustaiwan

Taipei, 3 September (CNA) Taiwan pada hari Minggu mengecam dugaan uji coba nuklir Korea Utara pada hari itu, menyusul kesimpulan sebuah pertemuan keamanan nasional yang dipimpin oleh Presiden Tsai Ing-wen (蔡英文), mengatakan bahwa tindakan tersebut merongrong keamanan regional.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Korea Utara tampaknya telah melakukan uji coba nuklir lainnya, Kantor Berita Korea Selatan Yonhap melaporkan pada hari sebelumnya, mengutip sumber militer Korea Selatan. Tes tersebut merupakan uji coba nuklir keenam dan paling kuat Pyongyang sampai saat ini, kata laporan tersebut.

Setelah tes selesai, Tsai segera menghubungi rapat keamanan nasional menurut Kantor Presiden.

Dalam pertemuan 70 menit tersebut, dia diberi tahu oleh pejabat pertahanan nasional, luar negeri dan intelijen mengenai informasi terakhir yang mereka dapatkan dalam sebuah ujian, sebuah pernyataan dari Kantor Kepresidenan.

Tsai mengutuk Korea Utara atas tindakannya dan mendesak Pyongyang untuk menghentikan gerakan yang dapat merusak keamanan di wilayah tersebut.

Tsai menambahkan bahwa pemerintahnya akan bekerja sama dengan masyarakat internasional dalam upaya apapun yang akan membantu menjaga keteraturan dan stabilitas di wilayah tersebut, kata pernyataan tersebut.

Sebuah komite ad hoc akan diluncurkan oleh Dewan Keamanan Nasional segera untuk memantau segera setelah uji coba tersebut, kata Kantor Kepresidenan.

Tsai meminta semua instansi pemerintah terkait untuk membuat persiapan yang diperlukan untuk semua kemungkinan skenario, tambahnya.

Kabinet perlu memastikan bahwa warga negara Taiwan diberi informasi yang benar mengenai pengujian tersebut untuk memastikan mereka tetap tenang mengenai situasi tersebut, demikian dicatat.

Menurut Kantor Presiden, pertemuan tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri Lin Chuan (林 全), Kepala Staf Umum Lee Hsi-ming (李喜明), Wakil Menteri Luar Negeri Paul Chang (章 文 樑), Direktur Jenderal Pengawasan Keamanan Nasional -chu (彭 勝 竹) dan Menteri Urusan Daratan Chang Hsiao-yueh (張小 月).

Sementara itu, Dewan Energi Atom Kabinet mengatakan tingkat radiasi di Taiwan berada dalam batas keamanan setelah uji coba nuklir yang jelas setelah dewan tersebut memeriksa data yang dikumpulkan oleh seluruh 46 stasiun pemantauan nuklir di seluruh negeri.

Militer Korea Selatan mengungkapkan informasi mengenai tes tersebut dengan mengutip aktivitas seismik yang terdeteksi di sekitar lokasi uji coba nuklir Korea Utara.

Gempa buatan buatan 5,7 yang terjadi di daerah Punggye-ri sekitar pukul 12:29 malam. "dianggap" sebagai hasil uji coba nuklir keenam Korea Utara, kata militer.

Sumber:focustaiwan

No comments

Powered by Blogger.