Tips Menetralisasi Tubuh Usai Konsumsi Daging di Hari Idul Adha

ilustrasi
Idul Adha identik dengan makanan yang serba daging. Hal itu bisa mengganggu keseimbangan tubuh Anda karena terlalu banyak mengkonsumi daging bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Lantas bagaimana cara mensiasatinya agar tidak terlalu menggangu kesehatan? Pakar gizi dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr Saptawati Bardosono mengatakan bahwa konsumsi serat seperti buah dan sayur harus diseimbangkan saat mengkonsumsi banyak daging.

"Tetap atur pola makan biar tidak terlalu menganggu kesehatan. Caranya adalah konsumsi buah atau sayur. Atau pagi hari makan buah dulu setelah salat biar mendetoksisasi tubuh," ujar Saptawati di Jakarta.

Untuk pemilihan buah, usahakan yang bisa melancarkan pencernaan agar daging yang banyak Anda konsumsi bisa dengan keluar mudah. Misalnya dengan mengkonsumsi pepaya dan jeruk.

"Pepaya sama jeruk itu bagus buahnya. Kalau sayur sih pilih yang jangan santan, pilih yang melancarkankan saluran pencernaan kayak bayam," katanya.

Untuk konsumsi daging, usahakan jangan mengambil bagian lemaknya. Itu bisa menambah kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk itu, ada baiknya memilih daging agar tidak terlalu banyak lemak.

"Jangan ambil yang lemaknya. Entar kolesterolnya tinggi. Jadi ambil bagian yang dikit ada lemaknya, seperti bagian dadanya," ucap dia.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.