10 Tanda Gejala Kanker

ilustrasi

Kanker masih menjadi momok yang menakutkan. Saat ini, 8,2 juta orang di seluruh dunia meninggal karena penyakit tersebut setiap tahunnya. Sebanyak 4,7 juta di antaranya dialami pria dan 3,5 juta wanita.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Seperti dilansir The Sun, terkait bahaya yang cukup serius, para ahli mengeluarkan 10 tanda peringatan serius terkait hal itu.

Gejala 'bendera merah' ini merupakan panduan yang jelas bagi para profesional medis di seluruh dunia dan mereka adalah orang yang harus Anda cari.

Diagnosis dini penyakit ini bisa sangat penting dan membantu menyelamatkan nyawa. Jadi sinyal ini muncul, alangkah baiknya tidak dianggap sepele dan segera menemui dokter.

Berikut 10 tanda dari beberapa jenis penyakit kanker:

1. Batuk terus-menerus
Kanker paru-paru tidak memiliki banyak tanda awal dan sering kali gejalanya hanya diketahui setelah penyakit ini menyebar terlalu jauh. Namun, beberapa hal berikut ini bisa menjadi alarm  agar Anda waspada karena bisa jadi itu adalah tahap awal kanker paru-paru.

Batuk biasa yang sepertinya tidak bisa sembuh atau yang berubah menjadi batuk kronis, yang kadang-kadang disebut batuk perokok, bisa menjadi indikasi. Gejala lainnya meliputi nyeri dada, pernapasan dalam, serak dan batuk darah.

2. Perubahan tampilan tahi lalat
Melanoma adalah bentuk paling berbahaya dari kanker kulit dan bisa muncul di manapun di tubuh, tapi umumnya terlihat di punggung, kaki, lengan wajah, dan di bawah kuku. Hal ini juga dapat menyebar ke organ tubuh lainnya walaupun kurang umum.

Penyakit ini berbentuk mol baru atau perubahan dari yang ada sekarang. Tanda peringatannya sudah ada, yakni semakin besar,  berubah bentuk,  berubah warna, berdarah atau menjadi berkerak, gatal atau nyeri.

Cara cepat dan mudah untuk memberitahu mol normal bagian dari melanoma adalah daftar 'ABCDE', bisa dengan Asimetris  (melanoma memiliki dua bagian yang sangat berbeda dan berbentuk tidak beraturan, Border Perbatasan (melanoma memiliki perbatasan berlekuk atau compang-camping), Colours (melanoma akan menjadi campuran dua atau lebih warna), Diameter  (melanoma sering kali lebih besar dari 6mm (1/4 inci) dengan diameter), Enlargement or elevation-Pembesaran atau elevasi (tahi lalat yang berubah ukuran dari waktu ke waktu lebih cenderung melanoma).

3. Sering buang air besar
Gejala utama kanker usus adalah terdapat darah pada tinja, perubahan kebiasaan buang air besar, misalnya terjadi lebih teratur, mengalami kotoran lebih longgar atau sakit perut.
Mayoritas orang yang didiagnosis menderita kanker usus lebih dari 60, jadi gejala ini adalah gejala yang harus diwaspadai. Akan tetapi waspadalah karena bisa saja disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang tidak mematikan.

4. Sakit yang tidak kunjung sembuh
Pusat Pengobatan Kanker Amerika mengatakan sakit atau ulkus yang tidak sembuh adalah gejala paling umum kanker mulut. Begitu juga rasa sakit terus menerus di mulut adalah tanda lain yang harus diperhatikan.

Sebagai tindakan pencegahan, Cancer Research UK merekomendasikan untuk mencari saran medis jika suatu tempat, kutil atau sakit tidak sembuh setelah beberapa minggu, bahkan jika tidak menimbulkan rasa sakit.

5. Kesulitan menelan
Meski ada sejumlah kondisi kesehatan yang bisa menyulitkan menelan, jika masalah tidak hilang Anda harus mencari saran medis. Hal ini karena kesulitan menelan dan penurunan berat badan mendadak merupakan tanda umum kanker esofagus.

6.  Benjolan yang tak dapat dijelaskan
Seringkali tanda-tanda kanker bisa dirasakan melalui kulit, paling sering payudara, testis, kelenjar getah bening dan jaringan lunak di tubuh. Penebalan jaringan atau benjolan bisa menjadi tanda peringatan penyakit ini. Sangat penting bagi Anda mengunjungi dokter Anda jika menemukan benjolan atau kulit yang berwarna merah atau menebal, terutama jika ukurannya tumbuh.

7. Perdarahan yang tidak dapat dijelaskan
Pendarahan dapat terjadi baik pada stadium awal maupun akhir kanker. Batuk darah bisa menjadi pertanda kanker paru-paru, sedangkan darah dalam tinja bisa berarti usus besar atau dubur.

Kanker serviks atau endometrium dapat menyebabkan pendarahan vagina yang abnormal dan darah dalam urin bisa berupa kanker kandung kemih, ginjal atau prostat. Selain itu, pelepasan dari puting susu bisa menjadi pertanda kanker payudara.

8. Penurunan berat badan yang tidak terjelaskan
Menurut American Cancer Society, kehilangan 10 kilogram atau lebih tanpa alasan bisa menjadi tanda awal kanker. Hal ini biasa terjadi pada kanker pankreas, perut, kerongkongan atau paru-paru.

Cancer Research UK mengatakan penurunan berat badan yang kecil dari waktu ke waktu adalah normal. Namun jika Anda melihat perubahan yang cukup besar maka Anda harus memberi tahu dokter Anda.

9. Perubahan kandung kemih
Suatu kondisi untuk segera buang air kecil, lebih sering, adalah semua masalah yang harus Anda sampaikan kepada dokter Anda, meski ada kondisi lain yang bisa menyebabkan masalah ini, gejala tersebut bisa mengarah pada kanker prostat.

10. Rasa sakit yang terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan
Rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan dapat terjadi pada sebagian besar kanker, namun lebih sering terjadi pada tulang dan testis. Sakit kepala yang konstan bisa menjadi tanda tumor otak, sementara nyeri punggung bisa mengindikasikan kolon, rektum atau kanker ovarium.

Pada sejumlah kasus, rasa sakit dialami  menjadi pertanda bahwa kanker telah menyebar dari lokasi asalnya.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.