4 Penyebab Perut Buncit pada Wanita, Kudu Waspada Nih

ilustrasi

Aduh, celana jeans kesayangan udah nggak muat lagi? Setiap kali pakai kemeja, jadi makin susah mengancingkannya karena perut yang makin buncit? Duh, makin nggak percaya diri saja ya rasanya.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Perut buncit memang sangat mengganggu penampilan. Bahkan tak hanya itu saja, perut buncit juga bisa memicu munculnya sejumlah penyakit lain. Sebelum terlambat, yuk kita kenali sejumlah penyebab umum perut buncit pada wanita. Dengan mengetahui penyebabnya dari awal seperti ini, ke depannya nanti kita bisa lebih hati-hati lagi.

Pola Hidup Sedentari (Sedentary Lifestyle)
Sedentary lifestyle adalah pola hidup yang kurang gerak. Dilansir dari femina.in, sebuah survei di Amerika Serikat yang dilakukan antara tahun 1988 dan 2010 menemukan bahwa gaya hidup yang tidak aktif menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup signifikan pada pria dan wanita. Bahkan setelah berhasil menurunkan berat badan, perut masih tetap saja buncit. Agar terhindar dari perut buncit, penting untuk olahraga rutin setiap minggunya.

Diet Rendah Protein
Mengonsumsi makanan rendah protein bisa membuat perut buncit dari waktu ke waktu. Menurut penelitian, orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar protein yang tinggi berisiko kecil mengalami penumpukan lemak di perut. Sebaliknya, makanan rendah protein justru bisa meningkatkan sekresi hormon "lapar" yang disebut Neuropeptide Y.

Menopause
Selama menopause, perut seorang wanita bisa membuncit. Pada fase post-menopause, kadar estrogen dalam tubuh menurun secara signfikan, menyebabkan lemak visceral menumpuk di perut dan bukan di pinggul dan paha. Kenaikan berat badan pun bisa berbeda pada tiap wanita.

Stres
Saat stres, nafsu makan bisa makin meningkat. Saat sedang stres, kadar hormon kortisol dalam tubuh bisa meningkat dan menyebabkan nafsu makan jadi meningkat. Efek negatifnya, kelebihan kalori bukannya disalurkan ke seluruh tubuh tapi malah menumpuk di perut.

Itu tadi empat penyebab umum perut buncit pada wanita. Yuk, jaga pola makan sehat dari sekarang demi terjaganya kesehatan dan pastinya berat badan yang tetap proporsional.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.