5 Cara untuk Bebaskan Kulit dari Komedo


Ilustrasi


        Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, komedo tetap terasa mengganggu karena dapat membuat kita menjadi tidak pede. Komedo bisa terjadi pada siapapun, bahkan pada orang yang memiliki kulit kering sekalipun. Memang membutuhkan perhatian lebih jika ingin memiliki wajah yang bebas komedo. Lalu bagaimana ya jika komedo sudah terlanjur muncul? Tenang saja, ladies! Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi komedo. Lakukan 5 hal ini untuk mendapatkan wajah bersih bebas komedo!




Cermat Pilih Kandungan Skin Care

Ada beberapa kandungan pada skin care yang dapat membantu menghilangkan blackheads. Salah satu kandungan terbaik dalam skin care yang mampu membuang minyak dalam pori-pori tersumbat adalah salicylic acid dan retinoid. Penggunaan salicylic acid atau retinoid pada wajah secara rutin dapat mencegah terbentuknya blackheads dan membersihkan pori-pori kamu. Kedua bahan tersebut juga dapat membantu pergantian kulit wajah secara efisien tanpa membuat kulit menjadi terlalu tipis. Selain mengetahui kandungan apa yang dapat berguna bagi kulit wajah, ketahui juga kandungan apa saja yang sebaiknya kita hindari. Hydrogen peroxide dan alkohol misalnya. Kedua bahan tersebut tidak memiliki pengaruh apa-apa pada blackheads atau whiteheads, malah hanya akan membuat kulit kamu menjadi kering.

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi berguna untuk menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, yang merupakan salah satu penyebab terbentuknya komedo. kamu bisa memilih jenis eksfoliator yang dirasa cocok untuk jenis kulit. Bisa dengan physical/manual exfoliants atau chemical exfoliants. Physical exfoliants dapat dilakukan dengan scrub khusus wajah ataupun dengan tools seperti cleansing brush, konjac sponge, atau facecloth. Chemical exfoliants dapat dilakukan dengan peeling dan penggunaan produk yang mengandung AHA/BHA, proteases enzymes, atau retinoid. Meskipun eksfoliasi merupakan langkah yang penting untuk dilakukan secara rutin, ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan agar kulit kamu tidak rusak.

Perhatikan Kandungan Makeup yang Dipakai

Kandungan pada makeup dapat menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori wajah. Karena itu, penting untuk mengecek kandungan sebuah produk sebelum kita memakaikannya pada kulit. Sekalipun produk yang kamu gunakan mengklaim bahwa produknya bersifat “Won’t Clog Pores” ataupun “Non-Comedogenic”, tidak ada salahnya untuk tetap mengecek apa saja kandungan di dalamnya. Bukan hanya kandungan berbahan dasar kimia saja, kandungan yang bersifat alami pun ada yang berpotensi menyumbat pori-pori. Beberapa kandungan pada makeup yang sebaiknya kamu hindari adalah algae extract, almond oil, stearic acid, spirulina, alkohol, lauric acid, dan masih banyak lagi.

Gunakan Clay Mask

Clay mask merupakan produk yang sudah dikenal ampuh untuk membersihkan kulit secara dalam dan mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Ada banyak jenis clay mask yang tersedia di pasaran. kamu bisa membeli clay bubuk dan membuat homemade clay mask atau bisa langsung membeli clay mask siap pakai. Jika kamu ingin mencoba clay mask, cari tahu terlebih dahulu jenis clay apa yang cocok untuk jenis kulit kamu. French Pink Clay adalah jenis clay yang paling cocok untuk semua jenis kulit. Bentonite Claycocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal, berminyak, atau kombinasi. White Kaolin Clay cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal, kering, atau sensitif. Jika clay mask terasa terlalu kering pada wajah, kamu bisa mencampurnya dengan sedikit madu dan face oil, atau gunakan hanya pada area yang membutuhkan perawatan saja (area T-Zone atau hidung saja misalnya).

Jangan Lupa Memakai Pelembap

Metode yang dilakukan untuk mengurangi komedo umumnya dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Baik itu dengan cara eksfoliasi, maupun dengan penggunaan produk dengan kandungan tertentu. Penting bagi kamu untuk tetap menjaga kelembapan kulit agar tetap bisa melakukan perawatan untuk mengurangi blackheads tanpa menimbulkan masalah baru. Dengan menggunakan pelembap, kulit kamu tidak akan memproduksi minyak berlebih lagi. Selain itu, menjaga kulit tetap lembap dapat membantu pori-pori kita tetap terbuka sehingga dapat mencegah munculnya komedo.



Sumber : Vemale

No comments

Powered by Blogger.