6 Tahun Menderita Gizi Buruk, Bobot Bocah 14 Tahun Ini Tinggal 13 Kg

sumber photo:detikcom

Siti Uswatun Khasanah sudah 6 tahun menderita gizi buruk. Hidup bersama kakek dan neneknya yang tidak mampu, tak memungkinkan untuk melakukan pengobatan. Kini berat badan bocah 14 tahun tersebut hanya mencapai 13 kg.
 
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sudah lama Siti tinggal bersama kakek dan neneknya di Desa Rengaspendawa, Larangan, Brebes. Kedua orang tuanya tinggal di Jakarta untuk mengais rezeki di kota besar. Neneknya membuka warung kecil di teras rumah, kakeknya kerja serabutan.

"Sudah 6 tahun dia susah tidur, sering mengeluh sakit di bagian perut. Kalau makan susah. Seringnya mainan batu bata ditumbuk halus lalu dimakan. Beberapa tahun lalu pernah dibawa ke RS Mahmudah di Sitanggal, namun hanya semalam. Terpaksa dibawa pulang karena tidak ada biaya," kata Warkonah, nenek Siti, Jumat (17/10/2017).

Karena alasan biaya inilah, selama 6 tahun Siti tidak terurus hingga kondisinya makin memprihatinkan. Warkonah mengaku tidak tahu kemana harus meminta pertolongan, agar Siti bisa diobati.

Pihak pemerintah desa juga mengaku tidak mendengar ada warganya yang menderita sakiit. "Kalau pihak desa itu kan baru bisa mengetahui kalau ada yang melapor. Terus terang soal Siti ini desa baru tahu dari medsos," terang Talkis, Sekdes Rengaspendawa.

Setelah tersebar di medsos, penderitaan Siti akhirnya didengar oleh para warga. Atas bantuan sejumlah dermawan, dia kini dilarikan ke RS Bhakti Asih untuk menjalani pengobatan.

Direktur RS Bhakti Asih, dr Khosiatun Azmi, menjelaskan setelah dilakukan pemeriksaan awal, Siti dinyatakan menderita gizi buruk. Penyakit ini sudah berlangsung sangat lama tanpa penanganan medis.

"Enam tahun kena gizi buruk tanpa diobati sehingga bobotnya tinggal 13 kg," ujar Khosiatun Azmi. 

Sumber:detik

No comments

Powered by Blogger.