8 Kali Gempa Guncang sejumlah wilayah di Jawa Timur

ilustrasi

Beberapa daerah di Jawa Timur diguncang gempa bumi. Ini terjadi sejak Rabu (25/10/) malam hingga Kamis (26/10) pagi, sudah delapan kali terjadi gempa bumi.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Kepala Stasiun Geofisika Klas II Tretes Suwardi menjelaskan, berdasarkan analisis BMKG pada rabu malam itu terjadi sekitar pukul 23.35 WIB Di 167 Kilometer Barat Daya Lumajang diguncang gempa bumi tektonik.

Titik koordinatnya 9.59 Lintang Selatan (LS), 112.88 Bujur Timur (BT), dengan kekuatan 4,9 Skala Richter (SR), kedalaman 10 kilometer.

"Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebabnya ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo australia," kata Suwardi dalam keterangan tertulis yang diterima merdeka.com, Kamis (26/10).

Selain itu, getaran gempa bumi diperkirakan juga dirasakan pada skala I SIG (skala intensitas gempa bumi) BMKG atau setara II – III MMI di Lumajang, sebagian Malang, sebagian Jember dan yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang. Kemudian, yang terbaru Kamis (26/10) pagi sekitar pukul 05.30 WIB, BMKG telah mendeteksi terjadi gempa bumi.

"Tercatat aktivitas gempa bumi susulan sebanyak delapan kejadian, tapi tidak berpotensi tsunami. Sehubungan dengan kejadian gempa bumi tersebut, masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG," ujarnya.

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.