8 Manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan dan cara pengolahannya


Ilustrasi

        Sirsak merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Rasa sirsak manis dan asam. Buah sirsak atau dagingnya kaya akan serat. Setiap 100 g daging sirsak yang dimakan mengandung 3.3 g serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Selain mengandung serta, juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa, vitamin C, B1, dan B2.




Selain daging buahnya yang kaya akan gizi, daunnya pun mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sirsak memang merupakan bagian yang paling bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan daun sirsak menjadi populer ketika hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa terdapat senyawa yang dapat mengobati kanker dalam daun sirsak.

Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun sirsak adalah acetogeninAcetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria.

Manfaat daun sirsak

Mengobati kanker

Manfaat daun sirsak pertama yang membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah mengobati kanker. Bahkan daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Hal ini dikarenakan acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker.Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin. Acetogenin menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa ⅓ nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Mengobati asam urat

Tidak hanya untuk mengobati kanker saja, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati daun sirsak. Sama halnya dengan mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak yang antara lain adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa ⅓ nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Mengobati kista ovarium

Hal ini tentu saja dialami oleh wanita. Kista ovarium bisa juga disebut tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang sebagai kanker. Oleh karena itulah Anda bisa memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa ⅓ nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Mengobati kolesterol

Bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, Anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak pula. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa ⅓ nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Mengobati diabetes

Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan karena di dalamnya terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.

Mengobati penyakit paru-paru

Sebagai anti-bakteri, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru baik paru-paru basah maupun kering.

Meningkatkan kesuburan

Pada beberapa kesempatan, terbukti pula bahwa daun sirsak dapat meningkatkan produksi jumlah sperma dan pada wanita dipercaya dapat memperkuat rahim.

Menghilangkan kutu

Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan untuk mencuci rambut.

Semoga bermanfaat.


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.