Bahaya Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki


Ilustrasi


      Bagi Anda yang memiliki kebiasaan menggunakan sepatu tanpa kaus kaki, pikir-pikir kembali, deh. Orang yang memiliki kebiasaan tersebut meningkatkan risiko terkena masalah jamur dan infeksi pada bagian kakinya.



"Tidak memakai kaus kaki saat mengenakan sepatu bisa meningkatkan masalah pada kaki secara signifikan," kata dokter yang mendalami masalah kaki, Emma Stevenson dari College of Podiatry.

Memang, kini banyak sepatu yang memiliki pelindung sehingga nyaman dikenakan walau tanpa pakai kaus kaki. Namun, kebanyakan bahan yang digunakan sebagai pelindung itu sintetis sehingga membuat area tersebut panas dan tidak bisa "bernapas" seperti mengutip Good Housekeeping, Rabu (17/10/2017).

Emma menjelaskan, ketika keringat berlebih di bagian itu ditambah dengan lingkungan lembap menciptakan lingkungan ideal bagi jamur untuk tumbuh. Kondisi itu bukan hanya menyebabkan kaki menjadi bau tapi, juga nyeri.

Orang yang tidak memakai kaus kaki juga meningkatkan gesekan antara kulit, kuku dan tulang kaki dengan sepatu. "Hal ini membuat jari kaki dan tumit jadi luka. Serta meningkatkan risiko kuku kaki jadi tumbuh ke dalam," tuturnya.


Sumber :

No comments

Powered by Blogger.