Berani Coba Bisnis Frozen Food? Mari, Simak Peluang Bisnis Ini


Ilustrasi


      Anda ingin merintis usaha frozen food (makanan beku) yang terbuat dari ikan dan seafood lainnya, seperti ikan, udang dan cumi dan lain-lain. Kira-kira prospek peluang usaha ini seperti apa?



Frozen food atau makanan beku memang cukup dicari saat ini dan sedang trending topic. Antara lain karena sisi kepraktisan, bisa disimpan cukup lama di dalam lemari pendingin, dan bisa dimasak sewaktu-waktu. Frozen food berbahan dasar seafood dan ikan ini misalnya dibuat baso, otak-otak, pempek. tekwan, kaki naga, atau nugget memiliki kandungan protein dan Omega-3 yang baik buat pertumbuhan anak-anak dan orang dewasa.

Indonesia, sebagai negara kepulauan, tentunya memiliki bahan mentah cukup besar untuk frozen food berbahan dasar ikan dan seafood dengan potensi tangkapan laut 6,4 juta ton/tahun. Namun, masyarakat Indonesia juga lebih sering memasak seafood dan ikan ini sebagai lauk yang langsung dimasak atau diasinkan saja.

Menurut Konsultan Bisnis, Rhenald Kasali, sebelum memulai berbisnis ini ada baiknya Anda bisa melakukan survei dan riset ke berbagai supermarket untuk mengecek tingkat permintaan frozen food berbahan dasar ikan dan seafood ini. Dapat pula Anda menghubungi pelakunya secara langsung, misalnya mengontak mereka lewat website atau blog yang tercantum di internet, atau Anda bertemu mereka di pameran. Atau bagi anda yang sudah melek internet bisa pakai google trend atau google keyword planner.

Peluang usaha frozen food saat ini sedang dikembangkan oleh beberapa orang. Sistem ini juga bisa dibilang pengawetan bahan makanan agar bisa bertahan lama setelah pemanenan. Ada banyak sekali ragam dari frozen food ini, mulai dari daging, ikan, sampai buah dan sayuran. Di beberapa pasar modern, frozen food ini sudah mulai dijual belikan dengan kemasan-kemasan bermerk. Namun beberapa dari frozen food ini masih menggunakan bahan-bahan pengawet kimia yang bisa merusak kesehatan tubuh Anda. Tetapi juga tidak sedikit frozen food yang tidak menggunakan bahan pengawet kimia.

Contoh dari frozen food yang pertama adalah frozen food dari seafood. Kita semua tahu kalau hasil laut di Indonesia cukup bagus sampai saat ini, sampai-sampai kapal nelayan asing pun ikut nimbrung di lautan kita. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan kita ini bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha frozen food. Kebanyakan dari nelayan ini mengkonsumsi langsung ikan segar untuk dijadikan makanan sehari-hari. Dan beberapa diasinkan agar lebih awet, namun cita rasa dari ikan ini akan berbeda tentunya. Oleh karena itu, sistem frozen food ini akan berperan bagus untuk menjaga keawetan ikan segar dan dengan cita rasa yang tidak berbeda jauh dari ikan segar sewaktu pertama penangkapan.

Selain pemanfaatan seafood, Anda juga bisa membekukan buah dan sayur untuk usaha ini. Sayuran segar ini setelah pemanenan langsung dibekukan saja saat itu juga. Sehingga nutrisi dalam sayuran itu terkunci dalam sayuran karena sistem pembekuan ini. Tentu nutrisi sayuran frozen food ini bisa lebih bagus dari sayuran segar di pasar yang sudah berpindah tangan berkali-kali dan terkadang sudah cukup layu. Selain itu, dengan sistem pembekuan ini akan menghindarkan sayuran dan buah dari bahan pengawet kimia. Lebih sehat bukan?

Selanjutnya adalah pembekuan terhadap daging ayam maupun daging sapi. Daging-daging yang dijual pada pasar modern kebanyakan sudah menggandung bahan pengawet kimia. Oleh karena itu untuk beberapa orang yang sangat memperhatikan kesehatan, tidak akan membeli frozen food berpengawet itu. Hal inilah yang akan menjadi peluang untuk Anda menjual daging frozen food tanpa bahan pengawet kimia.

Peluang usaha frozen food ini bisa menjadi opsi yang bagus untuk Anda yang dekat dengan pusat nelayan yang berjualan ikan segar ataupun dekat dengan pegunungan yang menghasilkan banyak sayuran. Dengan didinginkannya jenis makanan tersebut, akan bertahan lebih lama daripada makanan lainnya. Sehingga kalau Anda mendistributorkannya ke beberapa daerah yang lebih jauh, bisa tetap menjaga kesegaran dari ikan ataupun sayuran tersebut.

Seperti apa peluang bisnis makanan beku? Berikut Analisa usaha Frozen Food skala Rumahan dengan modal terbatas, namun kalau ditekuni bisa besar dan menjadi pendapatan utama ibu-ibu di rumah.



Contoh Perhitungan Usaha

Kebutuhan Modal Awal:

 Bahan baku:                 Rp  200.000,00

 Kemasan:                     Rp  50.000,00

 Lain-lain:                     Rp  50.000,00

 Bahan bakar/gas:         Rp  30.000,00

Jumlah Modal Awal:    Rp  330.000,00



Asumsi Pendapatan Perminggu:

Pendapatan:               Rp  700.000,00

• Pengeluaran:

• Bahan baku:             Rp  200.000,00

• Kemasan:                 Rp  50.000,00

• Bahan bakar:            Rp  30.000,00

• Lain-lain:                 Rp  50.000,00

• Jumlah Pengeluaran:   Rp 330.000,00

 Laba:                   Rp 370.000,00

Peluang pasar dari usaha ini cukup bagus, namun Anda harus melihat kemungkinan pasar dahulu. Mana jenis frozen food yang paling dicari dan berbahan dasar yang mudah Anda dapatkan. Tertarik bukan untuk menggeluti peluang usaha frozen food ini?


Sumber : Netralnews

No comments

Powered by Blogger.