Facebook Kini Dukung Video dengan Resolusi 4K


Ilustrasi

      Facebook tak hanya menjadi media sosial untuk berbagi dan berkomunikasi antar pengguna. Dua tahun terakhir, media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia itu juga mengunggulkan fitur video pada platform-nya. Namun sayang, video yang ditampilkan hanya mendukung resolusi SD (Standar Definition) dan HD (High Definition).



Nah, kabar baiknya, media sosial milik Mark Zuckerberg ini akan menggulirkan resolusi 4K pada video yang diputar.

Facebook juga dilaporkan masih menguji resolusi ini. Jadi, bagi kamu yang sudah tak sabar menonton video dengan resolusi 4K di Facebook, harap menunggu sekitar beberapa bulan lagi.

Menurut yang dilansir TechCrunch pada Kamis (26/10/2017), Facebook juga memperkenankan pengguna untuk mengunggah video 4K. Kualitas 4K yang ditampilkan setara dengan kualitas resolusi 2160p UHD-1 standar Ultra HD pada TV 4K.

Meski begitu, langkah Facebook untuk menghadirkan fitur 4K pada videonya terbilang terlambat. Sebab, Facebook tertinggal jauh dengan YouTube yang sudah bereksperimen dengan video 4K sejak 2010 silam.

Sejak 2016, Facebook memang menilai video sebagai peluang emas bagi perusahaan. Karena itu, perusahaan ke depannya akan memprioritaskan video untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih menyenangkan.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dalam lima tahun ke depan, kebanyakan hiburan dan konten online secara umum akan hadir dalam bentuk video, bukan teks atau gambar.

Berdasarkan pemikiran itu, Facebook kini tengah mendorong fitur "video-first" atau mengutamakan konten video untuk pengalaman mobile layanan tersebut. Pria yang akrab disapa Zuck ini mengatakan, Facebook nantinya akan memprioritaskan video di seluruh aplikasi miliknya.

"Ini akan memudahkan orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka sendiri dengan cara yang lebih banyak," ujar Zuck.

Terpantau, Facebook pun telah memulai proses transisi. Raksasa media sosial sosial itu pada akhir 2016 lalu mengumumkan kehadiran fitur video streaming di aplikasi Messenger.

Selain itu, Facebook juga sudah meluncurkan fitur video pendek serupa Snapchat untuk Instagram bernama Stories. Kesuksesan Instagram Stories kini dibuktikan dengan pencapaian 250 juta pengguna.


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.