Galaxy S9 Bakal Terapkan Fitur Kenali Muka seperti iPhone X

sumber photo:kompas
Salah satu fitur andalan iPhone X adalah teknologi pengenal wajah Face ID yang sekaligus menggantikan fungsi pemindai sidik jari pada smartphone terbaru besutan Apple tersebut.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Sebuah rumor yang beredar menyebutkan bahwa ponsel flagship mendatang dari Samsung, sebut saja Galaxy S9, bakal mengusung fitur serupa, lengkap dengan sensor 3D di kamera depan seperti iPhone X.

Samsung sebenarnya sudah lebih dulu menerapkan teknologi biometrik pengenal wajah lewat kamera depan Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang meluncur awal tahun ini, namun keamanannya agak diragukan.

Samsung sendiri menyarankan pengguna untuk memakai pemindai sidik jari atau iris scanner untuk hal-hal yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi, seperti otentikasi dalam transaksi online. 

Iris scanner di Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, dan Galaxy Note 8 lebih aman dibanding pengenal wajah, namun cara pemakaiannya agak merepotkan karena pengguna mesti mengarahkan mata ke kamera pemindai.

Nah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Selasa (17/10/2017), apabila Galaxy S9 nanti benar menerapkan sensor 3D pemindai wajah seperti iPhone X, maka teknologi pengenalan wajah di ponsel tersebut boleh jadi akan lebih praktis dan aman.

Apple menggunakan teknologi kamera 3D bernama TrueDepth di Face ID yang menggunakan 30.000 titik infra merah untuk memetakan wajah pengguna. Selain mampu mengenali wajah pengguna dengan cepat dan akurat, Face ID diklaim lebih aman dibandingkan pemindai sidik jari Touch ID sekalipun.

Tentu, rumor ini belum tentu benar. Demikian juga nasib teknologi pemindai sidik jari dan iris scanner yang bisa tergeser apabila Samsung betul-betul menerapkan pengenal wajah ala Face ID.

Galaxy S9 diperkirakan baru akan meluncur tahun depan. Smartphone flagship tersebut diprediksi bakal menggunakan dapur pacu Snapdragon 845 dari Qualcomm.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.