Ini Ritual yang Dapat Membuat Anda Cepat Tertidur

Ilustrasi


        Apakah Anda pernah merasa sangat lelah sepanjang hari, namun tidak terbantu dengan tidur? Bahkan ketika Anda telah tidur selama 8 jam sehari, tubuh Anda tetap terasa pegal.

Lantas, bagaimana sebenarnya untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, di saat tubuh terasa sangat lelah? Simak di sini beberapa ritual yang dapat Anda lakukan di malam hari, agar cepat tertidur, seperti dilansir dari mydomaine.com

1. Ngemil sebelum tidur
Anda tentu sering mendengar bahwa makan makanan kecil sebelum tidur adalah hal yang sangat terlarang. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa jenis makanan yang justru dapat membuat Anda tertidur lebih cepat dan memulihkan tubuh? Beberapa di antaranya adalah keju cottage, bubur, ham, kue keju, dan pisang.
Sedangkan, makanan besar memang harus Anda hindari sebelum tidur, karena makanan ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna.

2. Tidur telanjang
Studi terbaru mengatakan bahwa ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan tidur berkualitas, tidur tanpa pakaian.
Cara ini tidak hanya akan membuat tidur Anda lebih baik, namun juga meningkatkan metabolisme, dan menjaga keintiman.

3. Jangan pergi tidur terlalu awal
Ini adalah masalah berulang yang biasanya dialami oleh pengidap insomnia, mereka pergi ke tempat tidur terlalu awal, dan bangun terlalu siang.
Jangan terburu-buru pergi ke tempat tidur, usahakan tidur, dan bangun di jadwal waktu yang telah Anda miliki. Cara ini akan membuat tubuh Anda mengenali rutinitas.
Ingatkah Anda bagaimana orang tua memberikan jadwal tidur untuk bayinya?

4. Keluarkan kaki dari dalam selimut
Ini mungkin adalah salah satu cara yang paling tidak terduga. Jika udara terlalu panas dan Anda merasa sulit tidur, keluarkan kaki dari dalam selimut untuk menghilangkan panas.

5. Olahraga di malam hari
Menurut sebuah penelitian, olahraga di malam hari membuat tubuh tertidur dengan lebih baik, daripada ketika Anda melakukan olahraga di pagi hari.

6. Kenakan kaus kaki
Berhubungan dengan kaki yang tidak boleh menggunakan selimut ketika tidur, sebaiknya Anda menggunakan kaus kaki. Cara ini akan bekerja dengan sangat baik, terutama ketika udara terasa dingin, kaus kaki yang Anda kenakan akan mendistribusikan panas ke seluruh tubuh.

7. Memaksa diri sendiri untuk tetap terbangun
Ini mungkin terdengar seperti cara yang aneh, namun sebuah penelitian mengatakan bahwa penderita insomnia yang dipaksa untuk terbaring di tempat tidur dan tetap terjaga, justru akan tidur lebih cepat.

8. Meniup balon
New York Post pernah menulis sebuah artikel yang mengatakan bahwa permainan anak-anak seperti meniup balon merupakan bantuan tidur yang paling mutakhir. Bagaimana bisa?
Dengan meniup balon, Anda secara tidak sadar juga melakukan latihan pernapasan dalam yang dapat menenangkan tubuh.
Cara ini juga akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran dan tekanan.

Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.