Jumlah Tahi Lalat di Kulit Cermin Masalah Kesehatan Anda


Ilustrasi


         Ada banyak masalah kesehatan yang bisa diidentifikasi saat kita merasakan ada hal janggal pada kulit. Walau terkadang kita juga harus melakukan pemeriksaan guna mendapat hasil yang pasti.



Berikut sejumlah masalah mengenai masalah kesehatan diri kita yang bisa diidentifikasi melalui kulit, seperti dikutip dari situs Bright Side pada Kamis, 19 Oktober 2017.

1. Keringat berlebihan

Jika Anda berada di dalam ruang berventilasi baik dengan suhu normal, Anda seharusnya tidak berkeringat seolah baru selesai berolahraga. 

Keringat berlebihan seperti ini bisa jadi sebuah tanda ada masalah pada sistem imun tubuh Anda, dan penyakit auto-imun yang memengaruhi tiroid. 

Biasanya, akibat dari penyakit itu, kulit menjadi lebih tipis dan mudah gatal-gatal. Jika ini terjadi pada Anda, segera temui dokter.

2. Jumlah tahi lalat yang berlebihan

Ada banyak alasan tahi lalat bisa muncul di kulit. Salah satu yang mendasar adalah keturunan. Jika orang tua Anda memiliki tanda lahir yang besar, Anda mungkin juga memilikinya. Alasan lain bisa berupa paparan sinar ultraviolet yang berlebihan atau ketidakseimbangan hormon.

Dalam kebanyakan kasus, tahi lalat tidak berbahaya. Namun, jika jumlah mereka banyak, berkembang dengan cepat, dan menyakitkan atau bahkan ukuran dan warna yang berubah, segera periksakan diri ke dokter.

3. Bercak putih

Penyakit yang menandakan kulit kehilangan pigmentasi atau biasa disebut vitiligo. Ini berkembang ketika sel yang disebut melanosit dibunuh oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga menyebabkan area kulit menjadi putih karena sel tidak lagi membuat pigmen.

Vitiligo dapat menjadi konsekuensi penyakit addison. Lebih baik membuat janji dengan ahli endokrinologi atau dermatologis.

4. Ruam merah

Setiap ruam yang mendadak muncul pada kulit Anda menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda. Bisa jadi alergi makanan, bahan kimia rumah, obat-obatan terlarang, atau bahkan penyakit menular seperti cacar air.

Lebih baik segera kunjungi dokter karena reaksi alergi dapat menyebabkan konsekuensi yang sangat serius, seperti sindrom kelainan kulit. Cacar air, di sisi lain, dapat menyebabkan komplikasi, terutama pada orang dewasa.

5. Bintik hitam

Bintik hitam yang tiba-tiba muncul di kulit Anda bisa menjadi gejala penyakit addison. Orang dengan penyakit ini bisa merasakan sakit pada otot dan persendian, serta kehilangan napsu makan.

Mereka memiliki tekanan darah rendah dan gula darah rendah. Semua gejala ini bisa sangat berbahaya. Jika Anda merasakan gejala di atas, segera temui dokter.


Sumber :

No comments

Powered by Blogger.