Kebiasaan Pagi Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


Ilustrasi

       Sebuah penelitian menunjukkan ada beberapa kebiasaan pagi hari yang jika dilakukan secara rutin, bisa membantu proses penurunan berat badan.



Anda hanya perlu meluangkan beberapa menit, bahkan detik, untuk melakukannya.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah pola tidur dan jam bangun Anda di pagi hari. Bangunlah sedikit lebih pagi dan sempatkan untuk melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini:

1. Berjemur di bawah sinar matahari.

Jika selama ini tujuan pertama Anda saat bangun tidur adalah kamar mandi, maka ubahlah kebiasaan tersebut. Cobalah untuk keluar ke balkon kamar, atau ke tempat-tempat yang mendapatkan pantulan cahaya matahari. Dan berjemurlah.

Cahaya matahari pagi rupanya memiliki peran penting dalam proses penurunan berat badan. Karena sentuhan dari cahaya matahari bisa membantu mengontrol hormon pemicu rasa lapar. Untuk itu, cobalah menyempatkan sekitar 10–15 menit di pagi hari untuk berjemur di bawah cahaya matahari.

2. Bergeraklah.

Berolahraga adalah salah satu aktivitas pagi yang sangat bermanfaat. Anda bisa lari pagi mengelilingi kompleks atau sekadar berjalan santai di taman belakang rumah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan bahwa berjalan selama 45 menit di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Sarapan sehat.

Masukkan protein dalam daftar teratas di menu sarapan Anda. Makanan yang mengandung protein akan lebih cepat membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

Makanan kaya protein juga sangat baik untuk melancarkan proses metabolisme dalam tubuh, jika dibandingkan dengan menu sarapan lain. Agar berat badan tetap terkontrol, pastikan Anda mendapat asupan protein setidaknya 25 sampai 30 gram saat sarapan, seperti telur atau yoghurt.

4. Bangun pagi dengan tidur yang cukup.

Tidur cukup adalah kunci untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Sebuah penelitian menyatakan saat Anda memiliki jam tidur di malam hari yang lebih panjang (hingga 90 menit), maka akan terjadi penurunan nafsu makan.

Sebaliknya, menurut American Journal of Clinical Nutrition, orang yang kurang tidur di malam hari akan mengalami peningkatan selera makan. Rata-rata orang akan makan lebih banyak kalori saat kurang tidur di malam hari.

Umumnya orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7–8 jam di malam hari.

5. Minum air putih

Sebelum makan pagi, biasakan minum dua gelas air putih. Air tidak hanya akan membantu Anda memulihkan cairan tubuh, setelah tidak minum dalam semalam. Terbiasa minum air sebelum makan juga bisa membantu mengurangi keinginan makan.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Obesity menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan, kehilangan hampir 44 persen bobot hanya dengan minum dua gelas air sekitar 30 menit sebelum makan.

6. Jangan lupa ucapkan terima kasih.

Mengutip livestrong.com, uji klinis menunjukkan bahwa bersyukur bisa memperbaiki kesehatan Anda dan membantu menurunkan berat badan.

Mempraktikkan rasa syukur, dengan mengucapkan terima kasih atas hidup, membantu Anda merasa lebih optimis dan meningkatkan kepercayaan diri. Hasilnya? Anda akan lebih mampu mengendalikan perilaku makan dan lebih bergairah dalam berolahraga.


Sumber : JPNN

No comments

Powered by Blogger.