Malaysia klaim Kuda Lumping jadi budaya miliknya, netizen ngamuk!

Kostum Nasional Kuda Warisan

       Postingan tersebut mendapat serbuan komentar negatif dari netizen Indonesia. Mereka tak terima budaya tanah air kembali diklaim oleh Malaysia.



Untuk meredam kemarahan netizen Indonesia, akun Instagram Miss Grand Malaysia memberikan klarifikasinya. Dalam postingan klarifikasi tersebut, Kementerian Pariwisata Malaysia sudah mengklarifikasi bahwa kostum tersebut memang terinspirasi dari budaya Jawa.

Dia menyebut komunitas jawa yang ada di Johor, Malaysia sebagai simbol kesatuan dan keberagaman dari Malaysia. Menurut postingan tersebut, kebudayaan jawa telah menyebar di daerah utara Johor, Perak, dan Selangor.

Add caption


“Pada awal abad ke 20, migrasi masyarakat Jawa melalui kapal dagang Belanda dan Jepang untuk mencari lahan baru membawa serta budayanya termasuk pertunjukan tari unik ini yang dilakukan pada kesempatan yang menyenangkan,” tulis akun Miss Grand Malaysia.

Kemudian dikatakan, pada tahun 1971, pariwisata kementerian Johor mengakui tarian ‘Kuda Kepang’ itu, untuk masyarakat Jawa yang berada di Johor sebagai tanda simbolis kesatuan dan keragaman budaya bagi masyarakat Johor.

“Dengan kemiripan sejarah yang kuat, asal mula warisan budaya Jawa tersebar di negara bagian utara Johor, Perak dan Selangor di Malaysia, dan Singapura,” imbuhnya.

Postingan tersebut mendapat serbuan komentar negatif dari netizen Indonesia. Mereka tak terima budaya tanah air kembali diklaim oleh Malaysia.

Namun, kini kolom komentar di akun Miss Grand Malaysia telah dinonaktifkan.

Hmm, bagaimana tanggapan kamu? Tulis komentarnya di bawah ya.


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.