Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

ilustrasi
Penyakit serangan jantung masih menjadi momok yang cukup menakutkan. Tidak jarang orang meninggal mendadak setelah penyakit jantung mereka kambuh.
 
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Mengingat sejumlah kejadian yang pernah terjadi, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang perlu dilakukan ketika ada orang di sekitar Anda yang mengalami serangan jantung. Dilansir The Sun, berikut langkah-langkah yang bsa dilakukan:

1. Kocok dan teriak
Hal pertama, periksa bahaya dan apapun yang bisa membuat Anda berisiko. Dengan selembut mungkin, goyang orang yang pingsan dan mencoba membuat mereka berbicara. Mintalah pertolongan dari orang lain, namun jangan meninggalkannya.

2. Periksa pernapasan
Seseorang yang menderita serangan jantung tidak akan bernafas. Periksa apakah dia masih bernafas atau tidak. Buka jalan napas mereka, dengan meletakkan tangan Anda di dahi mereka dan dengan lembut memiringkan kepala mereka. Angkat dagu orang itu dengan dua jari tangan yang lainya.

4. Berikan 30 penekanan dada
Berlutut di samping orang itu. Letakkan tumit satu tangan di tengah dada dan tangan Anda yang lain di atas, dan paskan jari Anda.

Menggunakan lengan lurus, tekan ke bawah ke dalam tulang dada dengan kuat dan lancar, sehingga dada ditekan 5-6 cms. Lepaskan dan ulangi dengan kecepatan sekitar dua per detik.

5. Dua napas penyelamatan
Buka jalan nafas orang itu, miringkan dahi mereka dan angkat dagunya. Cubit hidungnya. Ambil nafas normal, buat segel di sekitar mulutnya  dan tiupkan nafas. Saat melakkannya, Anda harus melihat dada orang itu naik-turun. Ulangi minimal dua kali.

6. Ulangi
Terus ulangi 30 penekanan dada dan napas penyelamatan sampai paramedis tiba.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.