Tenangi Emosi yang Tak Stabil dengan Cuci Piring


Ilustrasi

      Melihat peralatan makan yang menumpuk di wastafel setelah hari yang panjang membuat kita kesal. Namun, penelitian baru menemukan, cuci piring dengan penuh niat justru dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres.



Studi ini melihat apakah mencuci piring dapat digunakan sebagai praktik kontemplatif informal guna meningkatkan kesadaran. Metode meditasi untuk memusatkan perhatian pada emosi dan pemikiran.

Salah satu penulis studi, Adam Hanley dari Florida State University, AS, mengatakan bahwa dia tertarik pada bagaimana aktivitas duniawi sehari-hari dapat digunakan untuk mempromosikan kesehatan raga dan pikiran, serta dapat meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh.

Sebanyak 51 orang siswa dilibatkan dalam penelitian ini. Selama meneliti mereka menemukan bahwa mencuci piring secara sadar membuat mereka memusatkan perhatian pada bau sabun, dingin atau hangatnya air yang mengalir, dan setiap unsur dari piring dan gelas yang mereka cuci. 

Hasil akhirnya ditemukan, 27 persen dari mereka mengaku bahwa rasa gugup perlahan hilang atau dapat diatasi. Masalah mental pun ikut menurun.

"Bila peserta melakukan itu dengan penuh perhatian, kesadaran, dan pengaruh positif yang lebih besar, dapat mengurangi pengaruh negatif," kata peneliti seperti dikutip dari situs NDTV pada Selasa, 10 Oktober 2017.


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.