Ternyata, kulit juga berperan kendalikan tekanan darah


Ilustrasi

      Kulit adalah organ tubuh terbesar di tubuh manusia. Dengan ukuran rata-rata 2 meter persegi untuk menutupi tubuh manusia, kulit juga memainkan peranan penting dalam mengatur tekanan darah dan detak jantung sehingga bisa menghindarkanmu dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.



Temuan berdasarkan hasil penelitian dari University of Cambridge ini mengungkapkan bahwa kulit membantu mengontrol tekanan darah sebagai respon terhadap perubahan jumlah oksigen yang ada di lingkungan sekitar manusia tinggal dengan adanya zat protein HIF di dalamnya.

"Respon kulit saat kadar oksigen rendah memiliki efek substansial tentang bagaimana jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sebab sebagaimana yang diketahui, bila jaringan jantung kekurangan oksigen yang biasanya terjadi di dataran tinggi, maka aliran darah jadi terhambat dan membuat tekanan semakin meninggi," terang Randall Johnson, profesor dari universitas tersebut.

"Namun dengan adanya protein HIF, aliran darah ke jantung akan tetap lancar meski manusia berada di lingkungan dengan kadar oksigen rendah."

"Temuan sebelumnya menunjukkan bahwa tekanan darah diatur oleh otak, pembuluh darah, atau ginjal. Namun ternyata, kulit pun bisa berperan penting dalam sistem transportasi aliran darah saat manusia kekurangan oksigen entah karena sedang berada di dataran tinggi, berada di lingkungan penuh asap, atau karena obesitas," terang penelitian ini.

Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.