Terungkap, Ini Alasan Wanita Lebih Suka Bergosip dari Pada Pria

Ilustrasi
       Bukan rahasia lagi jika wanita lebih suka bergosip dari pria. Aneh rasanya jika dua wanita bisa bersama dalam waktu lama tanpa membicarakan orang. Sebuah riset terbaru pun mengungkap fakta baru dari hobi bergosip wanita. Hasil studi dari University of Ottawa mengungkap jika wanita bergosip karena ingin bersaing untuk mendapatkan atensi pria. Benarkah?




Para peneliti awalnya mencoba menganalisa mengapa topik perbincangan wanita dan pria yang berbeda. Mereka pun menemukan jika sebenarnya keduanya sama-sama suka bergosip. Namun wanita lebih sering melakukannya ketimbang pria. 

Pria dan wanita pun memang punya topik yang berbeda ketika membicarakan orang lain. Jika wanita lebih suka memperbincangkan penampilan sesama wanita, pria lebih suka bergosip mengenai pencapaian dari sisi kekayaan dan atletis pesaing mereka.

Hal tersebut tentu bukan sesuatu yang mengejutkan. Tapi alasan psikologi dibalik mengapa wanita lebih suka bergosip mungkin akan mengagetkan Anda. Menurut peneliti, bergosip adalah sebuah kemampuan sosial dan taktik kompetisi intraseksual yang berevolusi. Wanita pun menggunakan hal itu sebagai cara memperoleh informasi untuk mendapatkan hati pria demi mencari jodoh.

"Temuan-temuan ini membuktikan bawa gosip sangat terkait dengan usaha pencarian pasangan dan bukan semata-mata stereotype wanita yang bisa dipandang sebagai penghinaan. Ini adalah kemampuan sosial esensial yang berevolusi untuk hubungan interpersonal, ketimbangkan kecacatan karakter," kata Adam Davis yang memimpin studi.

Studi ini dilakukan kepada 290 mahasiswa heteroseksual yang berusia 17 sampai 30 tahun. Para partisipan dianalisa dengan diberikan tiga kuesioner mengenai kompetisi dengan sesama gener, kecenderungan bergosip, hingga nilai sosial bergosip untuk mereka. 

Selain mengungkap motivasi bergosip, terungkap pula beberapa kebiasan lain ketika orang membicarakan orang lain. Yakni mereka cenderung melakukannya dengan orang berjenis kelamin sama. Mereka yang lebih kompetitif terhadap orang sesama gender pun lebih suka bergosip dari pada yang lain. Anda setuju?

Sumber : wollipop

No comments

Powered by Blogger.