Tips Hindari Penuaan Dini Pada Kulit


Ilustrasi

      Penuaan memang merupakan proses alamiah, termasuk pada kulit kita. Namun, kulit yang tampak lebih tua dan tidak sebanding dengan usia, tentu perlu dihindari. Spesialis kulit, dr Fitria Amalia, SpKK, M.Kes mengatakan perlakuan yang benar pada kulit menjadi salah satu cara mencegah penuaan dini.



"Hindari penggunaan sabun yang membuat kulit kering, gunakan moisturizer untuk melembabkan, rajin membersihkan kulit, mengaplikasikan UV Protection," ujar dia di Jakarta, seperti dilansir dari AntaraNews.

Selain itu, terapkan gaya hidup sehat, misalnya menghindari makanan berpengawet, mengandung pewarna, menghindari kebiasaan merokok, dan minum cukup air, sehingga tubuh terhidrasi secara baik.

"Minum untuk hidrasi yang cukup, kurang hidrasi kulit bisa kusam, lalu olahraga ringan teratur dan terus-menerus dan konsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh," papar Amel.

Selain itu,Zat ini bisa kita temukan di berbagai makanan antara lain putih telur, daging, keju, kacang-kacangan, blueberry, stroberi, jeruk, brokoli, ikan, kubis, labu, wortel dan tomat.
"Kebutuhan kolagen harian untuk yang berusia di atas 20 tahun umumnya adalah 1000-5000 mg. Sangat penting untuk mengonsumsi kolagen alami seperti ikan, sayuran dan buah dengan kandungan vitamin C. Sebagai alternatif, suplemen kolagen juga dapat bermanfaat meningkatkan kualitas kulit, sehingga terlihat cerah dan awet muda," papar Amel.

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang berfungsi melindungi kulit agar tetap kenyal dan kencang. Di samping itu, zat ini juga membantu dalam pembentukan tulang, persendian, rambut, gigi dan otot.


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.