Waspada, Konsumsi Makanan Manis Berlebih Tingkatkan Risiko Jantung

ilustrasi
Apakah kamu salah satu orang yang sangat suka dengan makanan dan minuman manis? Memang sih, makanan dan minuman yang berasa manis sangat enak dan menggugah selera. Tapi awas, konsumsi makanan dan minuman manis berlebih berisiko buruk buat kesehatan.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Dilansir dari laman boldsky.com, konsumsi segala sesuatu yang manis tak hanya meningkatkan risiko diabetes dan obesitas saja. Lebih jauh, peneliti menyebutkan jika segala makanan dan minuman manis juga bersoda, ini bisa meningkatkan risiko jantung lebih besar ke tubuh.

Para ahli di Universitas Surrey di Inggris menyebutkan bahwa kadar lemak dalam tubuh secara signifikan mengalami peningkatan karena konsumsi makanan dan minuman manis. Berbahayanya lagi, lemak ini bisa menggumpal di area organ dalam tubuh paling penting yakni jantung dan menghambat kinerjanya.

Study yang dipublikasikan di Journal Clinical Science menyebutkan jika kadar lemak yang berasal dari makanan dan minuman manis juga bisa mengganggu kesehatan fungsi hati. Gangguan inilah yang nantinya meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya dan mematikan atau kardiovaskular. Konsumsi makanan mengandung gula bisa mendongkrak level lemak yang ada dalam darah dan hati.

Penelitian yang dilakukan pada dua kelompok responden menemukan jika responden yang diberi asupan makanan mengandung gula tinggi selama 12 pekan lebih berisiko menderita serangan stroke, tekanan darah tinggi dan jantung. Di sisi lain, responden yang diberi asupan rendah gula dikatakan lebih sehat dan memiliki risiko stroke maupun jantung rendah pula.

"Hasil temuan kami merupakan bukti bahwa konsumsi gula tinggi bisa mengancam metabolisme tubuh dan meningkatkan risiko jantung," ungkap Bruce Griffin seorang profesor di Universitas Surrey, Inggris.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.