Yang Perlu Anda Tahu Tentang Daya Tahan Tubuh


Ilustrasi


     Daya tahan tubuh merupakan bagian penting untuk menjaga kita tetap sehat sehingga bisa menjalani kehidupan yang menyenangkan. Tapi seringkali kita mengabaikan soal daya tahan tubuh ini dan baru ingat setelah dalam kondisi sakit.



Ahli nutrisi Dr. Matthews Lantz Blaylock PhD mengatakan ada tiga fungsi daya tahan tubuh, yakni melindungi tubuh dari berbagai macam patogen seperti bakteri, memperbaiki sel rusak yang tidak sehat, dan menjaga tubuh dari partikel asing seperti polusi atau debu.

Terdapat dua bagian sistem daya tahan tubuh antara lain genetik-- yakni respon alami tubuh terhadap setiap paparan antigen--serta sistem adaptif yang dipengaruhi oleh gaya hidup.

"Nah bagian paling besar tergantung dari aspek adaptif, dan itu tergantung pada pola makan seseorang dan gaya hidupnya," kata Matthews saat peluncuran Airborne, Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Dia menambahkan, asupan makanan yang segar dan alami merupakan salah satu kunci mendapatkan daya tahan tubuh. Selain makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang merupakan sumber energi, yang tak kalah penting untuk daya tahan tubuh adalah vitamin dan mineral.

"Ada beberapa vitamin dan mineral yang berfungsi dalam tubuh sebagai antioksidan seperti--Vitamin C, A, E dan mineral seperti Zinc--itu semua penting untuk jaga daya tahan tubuh," katanya.

Matthews menambahkan, untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral agar daya tahan tubuh terjaga, setidaknya perlu makan lima porsi sayuran dan buah setiap hari. Namun konsumsi lima porsi itu masih jarang dilakukan, terutama di Indonesia.

Hasilnya, seringkali sakit menyerang tiba-tiba karena daya tahan tubuh lemah. Setelah itu baru timbul kesadaran minum vitamin dan mineral cukup. Dengan kata lain kebiasaan yang terjadi adalah pre-aktif dengan kesehatan. Padahal yang dibutuhkan adalah proaktif, di mana pencegahan diutamakan.

"Nah, dalam kondisi ini suplemen menjadi penting untuk melengkapi pola makan yang berantakan. Apalagi kaum urban kan jarang makan lima porsi sayur dan buah per hari. Suplemen bisa bantu orang untuk pola makan sehat," katanya.

Sumber : Kompas

No comments

Powered by Blogger.