10 Manfaat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

ilustrasi

Khasiat lidah buaya sebagai penyubur rambut telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Secara tradisional, daging tanaman ini bisa digunakan untuk masker rambut atau mengatasi kulit yang terbakar matahari.


Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini memang memiliki khasiat menenangkan dan menyejukkan kulit. Ketahui bagaimana kita bisa memanfaatkan lidah buaya ini.

1. Mengobati sengatan matahari

Tanaman ini bermanfaat sebagai penyejuk dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan para ahli dermatologi di Amerika merekomendasikan pemakaian pelembab kulit yang mengandung aloe vera atau kedelai untuk mengurangi gejala kulit terbakar matahari. Kita juga bisa menggunakan gel aloe vera ke bagian kulit tersebut.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Senyawa dalam aloe vera mengandung zat anti-flamasi untuk membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah. Selain itu, kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi sehingga mempercepat pemulihan luka.

Empat penelitian terbaru dari Asia menyimpulkan bahwa lidah buaya mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan sekitar 9 hari lebih cepat daripada pengobatan konvensional.

3. Mengatasi iritasi

Mungkin Anda pernah merasa frustasi dengan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, atau rosacea yang diderita. Tak ada salahnya mencoba menggunakan aloe vera yang dioleskan ke kulit untuk mengatasinya.

4. Melembabkan kulit

Perawatan kulit dengan lotion memang suatu hal yang wajar. Namun, menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A,C dan E, tapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. Aloe vera ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering.

5. Mencegah penuaan dini

Menurut riset dari the Annals of Dermatology, lidah buaya terbukti memiliki efek anti penuaan. Cara kerjanya dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, lidah buaya mengandung zink yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori dan meningkatkan elasitisitas kulit.

6. Membantu mengatasi jerawat

Aloe vera mengandung asam salisilat alami yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah membersihkan kulit, cobalah untuk mengaplikasikan lidah buaya ini untuk mendapatkan kulit bersih dan bersinar.

7. Mengatasi kulit kering karena cuaca dingin

Lidah buaya mengandung anti virus yang bisa membantu melawan herpes. Selain itu, kandungan antiflamasinya berfungsi untuk menenangkan dan menyembuhkan iritasi. Untuk pertolongan pertama, oleskan lidah buaya pada kulit yang pecah-pecah karena cuaca dingin.

8. Meningkatkan efektivitas krim topikal

Sebelum Anda membuang pelembab mahal yang tidak bekerja efektif pada kulit Anda, cobalah menambahkan lidah buaya kedalamnya untuk hasil yang lebih baik. Fitokimia lidah buaya memungkinkan penetrasi lapisan kulit lebih dalam dan dapat meningkatkan efektivitas krim, lotion, dan obat topikal.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kita juga bisa mengonsumsi lidah buaya, baik dalam bentuk minuman atau suplemen. Lidah buaya diketahui membantu penyerapan vitamin dan mineral esensial sehingga daya tahan tubuh meningkat.

10. Mengurangi plak gigi

Jika obat kumur menjadi rutinitas kebersihan harian Anda, pertimbangkan kembali hal ini. Obat kumur memang mampu menjadi alternatif untuk membasmi kuman di mulut, namun kandungan alkohol yang tinggi bisa menyebabkan mulut kering dan sensitif.

Sebagai alternatif alami, cobalah menggantinya dengan lidah buaya. Dilansir dari Journal of Health, jus lidah buaya murni ternyata efektif untuk mengurangi plak sebagai bahan obat kumur generik. Ramuan ini memiliki fungsi sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.