8 Tanda, Sebulan Serangan Jantung


Serangan jantung adalah hal yang mengerikan, terutama karena seringkali sulit untuk memprediksi kapan dan siapa serangan jantung yang akan menyerang. Tapi tidak perlu lagi hidup dalam ketakutan bahwa Anda akan menjadi korban berikutnya dari episode kardiovaskular ini, bukan jika Anda mengawasi beberapa sinyal kunci.

 
Berikut adalah 8 tanda bahwa Anda mungkin berisiko mengalami serangan jantung dalam waktu sekitar satu bulan:
1. Nyeri Perut

Jika Anda telah memperhatikan perut Anda sedang marah baru-baru ini (ini bisa menjadi mual, sakit, atau bahkan kembung) ini bisa menjadi bendera merah licik. Sakit perut sebelum serangan jantung memiliki sifat episodik, artinya mereka mudah lepas dan kemudian kembali untuk jangka waktu yang singkat.
2. Insomnia

Berjuang untuk tertidur, menjaga tidur, atau bangun pagi yang luar biasa bisa jadi tanda insomnia. Insomnia juga dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung atau stroke, terutama di kalangan wanita. Kecemasan dan ketidakpedulian juga merupakan gejala insomnia kronis.
3. Kelelahan yang tidak biasa

Merasa lelah, bahkan jika Anda tidur nyenyak? Kelelahan yang tidak biasa ini adalah salah satu gejala utama yang mengindikasikan serangan jantung yang akan datang.

Kelelahan seperti ini tidak harus disebabkan oleh aktivitas fisik atau mental, dan akan meningkat menjelang akhir hari. Catatlah jika terkadang melelahkan melakukan tugas sederhana, seperti membuat tempat tidur atau mandi.
4. Rambut Rontok

Salah satu gejala penyakit jantung yang paling terlihat adalah kehilangan rambut di mahkota kepala Anda. Hal ini paling sering menyerang pria berusia di atas 50 tahun, namun beberapa wanita juga mungkin berada dalam kelompok risiko.
5. Irregular Rhythms

Aritmia (detak jantung tidak teratur) atau takikardia (peningkatan denyut jantung) bisa terjadi secara tiba-tiba dan sering berlangsung selama 1-2 menit. Jika tidak pudar, Anda mungkin merasa pusing dan kelelahan ekstrim, dalam hal ini Anda harus segera menghubungi dokter.
6. Kehilangan Nafas

Dyspnea, atau sesak napas, adalah perasaan kuat karena tidak dapat menarik napas dalam-dalam; Seringkali Anda juga akan merasa lelah dan pusing. Tanda ini mempengaruhi pria dan wanita sampai enam bulan sebelum serangan jantung.
7. Keringat yang tidak biasa

Sering dikaitkan dengan wanita yang mengalami menopause, kilasan panas ini bisa menandakan sesuatu yang jauh lebih buruk. Catat gejala seperti flu, kulit keriput, atau keringat yang terjadi terlepas dari suhu udara atau aktivitas fisik.
8. Dada Sakit

Gejala terbesar dan paling terkenal adalah sensasi tidak nyaman pada salah satu atau kedua lengan, rahang, leher, bahu, atau dada. Pada pria, gejala ini mengacu pada tanda awal yang paling penting dari serangan jantung yang akan datang yang tidak boleh diabaikan. Di sisi lain, hal itu hanya mempengaruhi 30% wanita.

Sumber :

No comments

Powered by Blogger.