Angin topan sapu wilayah Vietnam, 27 tewas

Badai


     Sebuah angin topan menyapu wilayah sepanjang pantai selatan dan tengah Vietnam. Akibat bencana ini, 27 orang dilaporkan tewas sementara 22 lainnya hilang.



Dari jumlah orang hilang, 17 di antaranya merupakan awak kapal kargo yang tenggelam di lepas pantai provinsi Binh Dinh. Sementara itu, 74 awak kapal lain berhasil diselamatkan lebih awal.

Tidak hanya menyebabkan korban tewas, angin topan ini juga menyebabkan berbagai kerusakan di sekitar wilayah yang terkena dampak.

"Lebih dari 600 rumah dan 40.000 bangunan lain rusak saat Topan Damrey ini menyapu wilayah tersebut. Bencana itu juga menyebabkan pemadaman listrik yang meluas di seluruh wilayah," kata Otoritas Manajemen Bencana Vietnam dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari laman Washington Post, Minggu (5/11).

"Kerusakan juga terjadi di sejumlah lahan pertanian dan perkebunan milik warga, sementara 228 kapal nelayan tenggelam dan rusak sehingga menyebabkan sekitar 1.500 penumpang terdampar di stasiun kereta," lanjut pernyataan tersebut.

Angin topan ini merupakan yang kedua kali terjadi di Vietnam dalam satu bulan ini. Diperkirakan, hujan lebat akan terus melanda wilayah tersebut hingga dua hari ke depan, termasuk kota Danang yang menjadi pusat resor di negara tersebut. 

Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.