Antara Bawang Merah dan Putih, Mana Lebih Sehat?



Ilustrasi

     Kerap digunakan sebagai bumbu masakan, bawang merah atau putih juga memiliki manfaat kesehatan. Banyak yang percaya, kedua jenis umbi lapis ini memiliki khasiat mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker dan diabetes.



Namun menurut Anda, antara bawang merah dan putih, mana yang lebih menyehatkan?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun ini dan dipublikasikan di Food Research Internastional menemukan, ada salah satu varian bawang yang lebih sehat yakni bawang merah.

“Bawang merah paling efektif membunuh sel kanker manusia dibandingkan dengan varian bawang lainnya berkat kadar quercetin dan antosianin dengan antioksidan yang tinggi,” ujar peneliti, mengutip Prevention, Kamis (9/11/2017).

Menurut penulis studi, Suresh Neethirajan, PhD, anthocyanin berperan penting pada warna buah dan sayuran sehingga masuk akal bila bawang merah—yang memiliki kulit gelap memiliki kekuatan melawan kanker.

Namun, perlu dicatat, bawang merah bukan satu-satunya yang memiliki manfaat ini. “Semua bawang adalah petarung kanker yang ampuh berkat konsentrasi antioksidan anthosyanin dan kuersetin yang tinggi,” kata Karen Ansel RDN, penulis buku Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer.

Saran Karen, meski bawang merah lebih sehat tapi tak ada salahnya menggunakan bawang putih atau bombay untuk variasi masakan Anda sehingga makanan lebih kaya antioksidan dan rasa.

Manfaat lain bawang

- Mencegah risiko penyakit jantung

Bawang juga bermanfaat untuk sistem kardiovaskular, kekebalan tubuh, anti kanker, dan anti diabetes. Studi epidemiologis telah menemukan, konsumsi bawang dikaitkan dengan risiko rendah dari penyakit kanker lambung dan prostat. Selain itu salah satu bawang (bawang merah) juga mengandung quercetin, yaitu suatu flavonoid yang menekan pertumbuhan tumor dan proliferasi.

- Bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh

Bawang merupakan sumber yang kaya vitamin E dan C yang sangat penting untuk menjaga pertahanan tubuh. Selain itu, vitamin ini merupakan antioksidan yang sangat baik dan mampu memperlambat proses penuaan.

Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.