Jangan lagi mengoleskan es di atas luka bakar ringan


Ilustrasi


       Ketika tangan atau kaki tak sengaja terkena luka bakar ringan entah karena cipratan air panas, minyak panas, atau petasan, biasanya kamu akan mengatasinya dengan cara alami. Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan mengoleskan es batu.



Nyatanya, menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, cara tersebut tidaklah tepat. Sebab bila kamu menderita luka bakar dan langsung mengoleskan es batu di atasnya maka bisa merusak jaringan kulit dan membuat luka jadi membeku yang malah akan membuat luka tak kunjung sembuh.

Selain disarankan untuk tidak mengoleskan es batu, berikut adalah beberapa contoh penanganan sederhana yang sebaiknya tak kamu lakukan kala mengobati luka bakar ringan.

Mengoleskan kunyit
Kebanyakan orang mengoleskan atau menerapkan kunyit di atas luka bakar. Padahal hal ini bisa memperparah rasa sakit yang terjadi.

Mengoleskan tanah
Meski terdengar aneh, namun ada beberapa orang yang menggunakan cara ini guna mengobati luka bakar. Padahal tanah mengandung bakteri dan partikel lain yang bisa meningkatkan risiko terkena infeksi kulit.

Mengoleskan minyak 
Mengoleskan minyak biasanya digunakan untuk menenangkan rasa gatal untuk mengatasi luka bakar. Namun zat berminyak ini justru bisa menyebabkan infeksi dan membuat luka sulit untuk diobati.

Mengoleskan pasta gigi
Pasta gigi memang bisa membantu mengurangi rasa sakit jika kakimu sakit akibat menggunakan sepatu yang terlalu sempit. Sebaliknya, jika kamu mengoleskannya di luka bakar maka bisa memperparah masalah kulit yang terjadi.

Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.