<-->

Makan terlalu cepat sebabkan kegemukan dan sakit jantung, alasannya?


Ilustrasi

       Makan menjadi salah satu kegiatan vital yang memberikan pengaruh besar untuk kesehatan tubuh. Ketika kamu memenuhi diri dengan makanan sehat, maka tubuh pun mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Namun jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman tak sehat, tumpukan lemak, racun, minyak, serta zat pengawet bisa merusak kesehatanmu secara perlahan.


Selain pilihan menu makanan atau minuman, pola makan juga mempengaruhi kesehatan. Makan tidak teratur termasuk makan terlalu cepat juga akan membahayakan tubuh. Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, makan terlalu cepat bahkan bisa bahayakan jantung serta sebabkan kegemukan.

Apa yang jadi sebabnya?

"Makan dengan durasi yang terlalu cepat bisa meningkatkan fluktuasi glukosa dalam tubuh sehingga menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin sendiri terkait erat dengan penambahan berat badan, penyakit jantung, dan bahkan obesitas," ungkap penelitian ini.

Mungkin selama ini kamu tidak menyadari bahwa makan terlalu cepat entah karena terburu waktu atau kesibukan bisa menyebabkan penyakit. Nah, agar kamu terhindar dari bahaya demikian, nikmati makanan atau minuman yang kamu konsumsi secara perlahan. Dengan makan secara perlahan dan sadar, kamu pun bisa mengukur banyaknya makanan yang masuk ke dalam perutmu.

Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.