Manfaat Cek Kesehatan Secara Rutin

ilustrasi

Melakukan cek kesehatan secara rutin sangat dianjurkan. Spesialis gizi klinik, Dr Juwalita SpGK mengatakan cek kesehatan secara rutin bertujuan untuk mencapai kesehatan fisik, spiritual, dan emosional sehingga tubuh dapat sehat secara sempurna.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

"Sesorang itu sehat nggak hanya fisik tapi juga spiritual dan emosional. Untuk mencapai kesehatan fisik yang sempurna harus punya kehidupan yang sehat," kata Dr Juwalita di Gedung SINDO, Jakarta.

Kehidupan sehat tersebut, di antaranya menjalankan diet yang seimbang, rutin melakukan aktivitas fisik, dan cek kesehatan secara rutin. Sayang, sebagaian besar orang merasa takut jika mengetahui hasil pemeriksaan ditemukan adanya penyakit tertentu.

Padahal, jika terdapat gangguan, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, hal ini bisa menjadi bentuk pencegahan secara dini. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pun beragam dan tergantung pada jenis kelamin serta usia.

"Kardiovaskular, tekanan darah 1-2 tahun sekali tapi untuk pria usia lebih dari 35 tahun dan wanita lebih dari 45 tahun wajib lima tahun sekali. Diabetes wajib 5 tahun sekali untuk IMT kurang lebih 25. Kanker kolorektar, pria dan wanita usia 50 sampai 70 tahun melakukan kolonoskopi setiap 10 tahun, sigmoisdoskopi dan FOBT setiap 3 tahun," pungkasnya.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.